Sabtu, 25 Mei 2024

Siapa Bilang Mahasiswa FKIP Hanya Bisa Berkegiatan Diluar kampus Hanya di Sekolah Saja?

PASIRPENGARAIAN – Siapa bilang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) hanya bisa melakukan kuliah magangnya hanya mengajar di sekolah saja?. Buktinya perdana pada tahun 2023 ini, ratusan mahasiswa FKIP UPP telah mulai melakukan kuliah magang di berbagai instansi di luar sekolah.

Dimana pelaksanaan magang diluar sekolah bagi mahasiswa FKIP itu dilepas oleh Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT pada Sabtu 15 Juli 2023 kemarin secara virtual melalui zoom meting sekaligus pembekalan kepada mahasiswa selaku peserta Bentuk Kegiatan Pembelajaran-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKP-MBKM) dengan Rekognisi mata kuliah Teknopreneur V.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh mahasiswa FKIP semester 7 yang berjumlah 180-an dari 6 Program Studi yang ada di FKIP UPP yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, dan Program Studi Pendidikan IPS.

Turut hadir juga sebagai Nara Sumber pada pembekalan tesebut, Yanuar Dwi Prasetyo Ph.D yang merupakan Ketua Duta Kampus Merdeka Tingkat Nasional dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang memberi materi tentang Bentuk kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kemudian hadir juga Kholidin MPd selaku Waka Kurikulum SMU Plus Provinsi Riau yang memberukan materi tentang kurikulum sekolah. Hadir juga Dekan FKIP UPP, Dr Pipit Rahayu MPd yang juga merupakan Duta Kampus Merdeka Provinsi Riau yang memberi materi tentang prosedur, mekanisme dan penilaian pada kegiatan asistensi mengajar, magang dan kewirausahaan.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPC yang melepas secara simbolis ratusan mahasisa FKIP untuk berkegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini mengungkapkan, kegiatan ini adalah terobosan baru di Fakultas yang ada di Universitas Pasir Pengarain yang telah mengimplementasikan Kurikulum yang bersinergi dengan MBKM.

“Dimana biasanya mahasiswa yang berlatar belakang ilmu pendidikan yang berkegiatan hanya praktek mengajar di sekolah, tahun ini FKIP bisa memfasilitasi mahasiswanya tidak hanya di sekolah, namun ke dinas-dinas serta instansi yang ada di Rokan Hulu, seperti UMKM, Hotel bahkan Bank Riau Kepri,” tuturnya.

“Kami juga memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Dekan FKIP dan ketua BKP MBKM FKIP 2023 Tahun ini, Dr Eti Meirina Brahmana MSi serta seluruh ketua prodi FKIP yang telah bersinergi,” tambah Hardianto.

Sementara itu, Dekan FKIP UPP, Dr Pipit Rahayu MPd menyebutkan, bahwa tahun ini 6 mahasiswa terbaik utusan dari masing-masing prodi akan ditempatkan pada program asistensi mengajar di SMU Plus Provinsi Riau dengan difasilitasi subsidi living cost, akomodasi tempat tinggal dan transportasi.

 

“Dalam pembelakan tersebut kami menjelaskan bahwa Kegiatas Asistensi Mengajar pada hakekatnya berbeda dengan PPL pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun ini mahasiswa tidak dituntut 100% untuk mengajar didalam kelas namun mahasiswa diberi kesempatan berkegiatan diluar kelas. Misalnya pada bidang kesiswaan, manajemen sekolah, program program sekolah dan lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Lanjut Mantan Dara Riau itu, mahasiswa FKIP Juga ditempatkan Asistensi mengajar di puluhan sekolah terbaik di Kabupaten Rokan Hulu, kegiatan Wirausaha di UMKM di Rokan Hulu serta Magang di beberapa dinas yang ada.

“Seperti Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Diskominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan dan arsip, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa, KONI, Bumdes, Sapadia Hotel dan Bank Riau Kepri,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua BKP MBKM FKIP 2023, Dr Eti Meirina Brahmana MSi menambahkan, bahwa kegiatan BKP MBKM ini dilaksanakan satu semester oleh mahasiwa kurang lebih selama 3 Bulan yang didampingi oleh seluruh dosen FKIP sebagai dosen pembimbing lapangan serta bapak ibu Pamong yang ada di sekolah dan dinas atau instansi yang ada.(rls)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru