Rabu, 19 Juni 2024

Dispussip Rohul Sosialisasikan Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, Khusus, serta Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkan kemampuan bagi peserta dalam hal literasi membaca dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Rohul melaksanakan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, Khusus, serta Masyarakat tahun 2024.

Sosialisasi itu di buka secara resmi oleh Plt Kepala Dispussip Rohul, Nelli SS yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi di Lobby Kantor Dispussip Rohul yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis. Senin (20/05/2024) pukul 14.00 WIB.

Hadir pada sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, Khusus, serta Masyarakat yang ditaja Dispussip Rohul itu, Delviana Fransiska SSos MIKom selaku Narasumber dari Dipersip Provinsi Riau, Pejabat Eselon III dan IV serta Pejabat Fungsional di Lingkungan Dispussip Rohul, dan para peserta.

Sumardi mewakili Plt Kepala Dispussip Rohul mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan dilatarbelakangi oleh program Pemerintah Pusat melalui Perpusnas RI Jakarta dengan Revolusi Mental oleh Presiden RI, sehingga diharapkan daerah melaksanakan kegiatan yang sama. Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, khusus serta masyarakat ini merupakan kegiatan yang ditaja oleh PEMDA Rokan Hulu melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu Riau.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat selanjutnya diimplementasi nantinya baik itu di kalangan Pendidikan Dasar Anak-Anak/Siswa/i, Khusus dan Masyarakat, sehingga arti penting membaca itu dalam kehidupan ini akan terasa dan bermanfaat,” terangnya.

Sumardi menambahkan, dalam fikiran manusia itu terdapat beberapa Disiplin Ilmu, diantaranya Kecerdasan Linguistik (Kecerdasan dalam Membaca) dan Kecerdasan Higienik (Kecerdasan Mengekspresikan Bahasa Tubuh), Ilmu Vokal sehingga dapat menyampaikan sesuatu dapat dimengerti oleh semua orang.

“Kitapun tahu SDM merupakan aset kehidupan bangsa, seperti kita tahu bahwa di zaman modren ini program kegiatan membaca ini sangatlah penting sekali guna untuk memberikan pengetahuan bagi kita akan hal yang kita baca bagi kalangan pelajar dunia Pendidikan serta masyarakat itu sendiri, makanya mari kita berupaya untuk dekat dengan perpustakaan, disamping menambah pengetahuan juga dapat meningkatkan minat baca untuk kesejahteraan bagi kita masyarakat,” ungkap Sumardi.

Bila kita berbicara pula tentang masalah pengembangan minat dan budaya baca terutama bagi kalangan anak didik khususnya, umumnya masyarakat, salah satu pihak yang sangat berperan sekali adalah pemerintah baik itu Pusat, Provinsi maupun Daerah, khusus di Daerah Instansi terkait adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab/Kota. Karena diantara tugas pokok dan fungsi perpustakaan daerah itu adalah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa agar terwujud negara yang maju serta dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

“Kita ketahui bersama banyak program-program kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perpustaan dan Arsip itu sendiri dalam Peningkatan Minat dan Budaya Baca tersebut diantaranya melaksanakan kegiatan pelayanan perpustakaan keliling secara rutin, mengadakan kegiatan berupa lomba-lomba kegiatan mempromosikan gerakan gemar membaca berupa penyuluhan dan pameran-pameran dan lainnya,” ujarnya.

“Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membaca itu sangat penting sekali, jadikan membaca itu suatu kebutuhan dan kebiasaan yang positif (kegemaran) sehingga dengan membaca yang kita lakukan dapat memperoleh informasi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita dan orang lain,” harapnya.

Adapun Peserta sosialisasi ini terdiri dari unsur kalangan Kepala Sekolah, Petugas Perpustakaan dan Siswa/i beserta masyarakat dengan jumlah Peserta 30 (tiga puluh) orang meliputi, perwakilan dari SMAN 1 Rambah, SMKN 1 Rambah, Tahfiz, MA Islamic Center Pasir Pengaraian, SMK Zaidar Pasir Pengaraian SMP, LKMD Pasagang Rambah, SDN 07 Rambah, SD IT Raissalam, SD Almuflihun Rambah, SMKN 1 Bangun Purba, SMPN 7 Rambahsamo, SDN 03 Kepenuhan, dan Kalangan PKK serta Masyarakat.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru