Rabu, 24 Juli 2024

Mahasiswa Jepang dan Mahasiswa UPP Saling Kenalkan Sistem Pendidikan dan Sistem Pertanian

PASIRPENGARAIAN – Civitas Akademika Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berkolaborasi dengan mahasiswa Shimane University Jepang menggelar Sharing Session tentang sistem pendidikan dan pertanian, Rabu (14/06/2023).

Sharing Session tentang sistem pendidikan dan pertanian itu, Faperta UPP menghadirkan Kawamata Mei dan Yuka Kanda yang merupakan mahasiswa Shimane University dari Negara Jepang.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Faperta UPP, Lufita Nur Alfiah SP MSi, dosen UPP yang sedang menempuh studi S3 di Jepang Arif Antonius Purnama MSi, dan ratusan mahasiswa Faperta UPP.

Sharing Session bersama dua mahasiswa dari Jepang itu mengusung tema “Agriculture For The Future; Student Story Sharing, Indonesia – Japan”. Sharing session itu dilakukan dalam dua bahasa yakni bahasa Jepang dan bahasa Inggris dengan moderator, Sischa Febriani Yamessa Away STrp MAppSc selaku Ketua Program Studi Agribisnis yang merupakan alumni Gifu University Jepang.

Dalam Sharing Session tersebut terlihat para mahasiswa UPP sangat antusias berdiskusi dan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa Jepang terkait sistem pendidikan tinggi di Jepang, budaya, farming system, produk pertanian unggulan, serta hal-hal lain yang memancing minat mahasiswa untuk saling berbagi cerita dan pengalaman.

Dua mahasiswa Jepang itu, Mei Chan dan Kanda Chan mengatakan, bahwa ini adalah kali pertama dirinya mengunjungi Indonesia. Dia merasa sangat terkesan begitu ramahnya masyarakat serta keindahan alam Indonesia khususnya Negeri Seribu Suluk Rokan Hulu.

Ditempat yang sama, Dr (cand) Arif Antonius Purnama juga berpesan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian agar tidak minder dan harus berani bermimpi.

“Tidak mustahil para mahasiswa UPP bisa melanjutkan pendidikan ke Jepang yang dikenal lebih maju teknologi pertaniannya,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, Lufita Nur Alfiah SP MSi ketika dihubungi media mengatakan, bahwa kegiatan Student Story Sharing Indonesia-Jepang itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam memperluas wawasan.

“Selain untuk menambah wawasan juga menambah jejaring internasional serta menggugah semangat mahasiswa untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri dalam menuntut ilmu,” terangnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru