Rabu, 19 Juni 2024

FKIP UPP MoU serta Professional Visit ke Universitas Kebangsaan Malaysia dan International Islamic University Malaysia

PASIRPENGARAIAN – Mengharumkan nama kampus dikancah Internasional, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, melakukan Visitation/Kulliyyah dan Implementation MoU di International Islamic University Malaysia dan di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Kunjungan itu dilaksanakan sejak 5 November s/d 8 November 2023 yang dikomandoi oleh Dekan FKIP UPP, Dr Pipit Rahayu MPd dan diikuti para Ketua Program Studi (Prodi) FKIP UPP diantaranya, Dr Eti Meirina Brahmana MSi, Dr Eripuddin Shum MPd, Welven Aida MPd, Arcat MPd, Muarif Arhas Putra MPd, Hamid Syahropi MPd, dan Sohibun MPd.

Kunjungan Seminar Internasional dan Pelaksanaan MoU tersebut menjadi salah satu langkah yang sangat baik yang dilakukan FKIP UPP dalam mengembangkan kerja sama serta pengalaman di dunia Pendidikan di dua Universitas terbaik di Negeri Jiran Malaysia.

Pada kunjungan tersebut, FKIP UPP melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, seminar international dengan pembicara berasal dari luar negeri, dan perwakilan dari FKIP UPP juga berkesempatan menjadi pembicara dalam seminar international tersebut. Selain itu Tim FKIP UPP juga melaksanakan kunjungan di International Islamic University Malaysia dan Universitas Kebangsaan Malaysia sekaligus melaksanakan penandatangan MoU dengan dua Universitas tersebut.

Dekan FKIP UPP, Dr Pipit Rahayu MPd, Kamis (09/11/2023) mengatakan, ini kali perdana FKIP UPP membawa seluruh Pimpinan Prodi mengikuti professional visit dan seminar internasional dan sebagai pembicara di ICEHE 2023 IIUM. FKIP UPP akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen bahkan mahasiswanya yang tidak hanya dengan kapasitas Global namun perlahan menuju International.

Selain itu, lanjut Pipit, rincian yang tertuang pada perjanjian kerja sama tersebut adalah akan dilaksanakan program kelanjutan oleh FKIP UPP dengan International Islamic University Malaysia dan Universitas Kebangsaan Malaysia dengan Program kegiatan yaitu, Program Join Research and Publication, Faculty and Students Exchanges, Join Conferences and Workshops, Team Teaching Courses including online courses, Visit by faculty, department, and others areas of co-operation.

“Dengan adanya Program-program yang tertuang dalam naskah MoU tersebut, menjadi gerakan baru yang akan dilakukan FKIP UPP yang selaras dengan mottonya berkolaborasi, berprestasi dan menginspirasi. Selain itu program kerja FKIP kedepan sekaligus bersempena Milad FKIP Ke 14, akan melaksanakan International seminar dengan pembicara inti dari 5 negara, salah satu pembicaranya dari Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof Dr Meloor MD Yunus,” terang Pipit.

Pipit juga menceritakan, pada saat kedatangan rombongan FKIP UPP kampus tujuan sangat disambut baik oleh Dekan Fakultas Pendidikan International Islamic University Malaysia, Prof Dr Suhailah beserta team, dan Koordinator Faculty of Education Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof Dr Melor MD Yunus.

“Pada saat kami bincang-bincang, International Islamic University Malaysia akan berencana melakukan kunjungan balasan ke Universitas Pasir Pengaraian untuk mengimplementasikan beberapa kerja sama. Sedangkan hasil dari diskusi dengan Koordinator Faculty of Education Universitas Kebangsaan Malaysia tentang kegiatan joint research dan material learning exchange telah disusun dengan baik dalam forum diskusi para ahli di fakulty pendidikan UKM,” ujarnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru