Rabu, 19 Juni 2024

Gaungkan UPP Dikancah Internasional, Dr Pipit Rahayu MPd Jadi Keynote Speaker Webinar Berlin Jerman

PASIRPENGARAIAN – Pada 4 Februari 2023 secara resmi Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Pipit Rahayu MPd telah terima undangan sebagai Nara Sumber inti pada seminar internasional yang diselenggarakan oleh Democratic Arab Centre (DAC) yang berkedudukan di Berlin Jerman berkolaborasi dengan Benghazi University, Libya.

Internasional Webinar yang kedua ini bertajuk “Issues in ESP Class : International and Local Perspective”. Seminar internasional itu berlangsung secara online melalui Zoom dan Facebook live streaming ini dengan mengundang 3 Nara Sumber Inti yaitu Prof John Swales dari Inggris, Prof Radia Bouguebs dari Algeria dan Dr Pipit Rahayu Perwakilan dari Indonesia. Internasional Webinar ini akan diselenggarakan pada Sabtu 11 Februari 2023.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd ketika dikonfirmasi kepada Riauposting.id menyebutkan, bahwa ini merupakan suatu kebanggaan dan prestasi bagi Universitas Pasir Pengaraian. Karena salah satu dosen UPP dipercaya menjadi salah satu Nara Sumber inti dari perwakilan universitas di Indonesia pada webinar international tersebut.

“Kita mengetahui pada seminar internasional setidaknya minimal 3 atau 4 Pembicara inti yang akan memberikan pemikirannya terhadap issues yang akan didiskusikan dibidangnya. Tentunya ini suatu kebanggaan dan penghargaan yang sangat luar biasa bagi kampus kita. Artinya meski kampus kita berada di daerah yang ada di Indonesia namun bisa menjadi perhatian bagi perguruan tinggi di tingkat internasional,” tuturnya.

Selain itu, kata Ketua Orda ICMI Rohul itu, bahwa ini juga bisa menjadi kesempatan emas untuk universitas menjalin kerja sama internasional dengan negara-negara yang berkembang dan kesempatan pula untuk UPP mengadakan Seminar yang bertaraf Internasional segera dilakukan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Dekan FKIP UPP Dr Pipit Rahayu MPd saat dijumpai diruang kerjanya yang juga merupakan Duta Kampus Merdeka tingkat Nasional menyebutkan, ini merupakan kali perdana dirinya diundang dan mendapatkan kepercayaan sebagai Nara Sumber inti           dari Luar Negeri pada Internasional Webinar.

“Ini pertama kalinya kita diminta sebaga nara sumber di kancah Internasional untuk memberikan materi nantinya. Biasanya kita sering mengisi seminar-seminar di tingkat Nasional dalam negeri dalam hal Public Speaking dan beberapa topik lainnya,” papar Pipit.

Dikesempatan tersebut, Dekan FKIP yang merupakan Duta Wisata Indonesia 2010 ini menambahkan, bahwa akan mempresentasikan product temuan penelitian pada disertasi Doktornya yaitu Model Penilaian Public Speaking yang berjudul PIPA Model (Persuasive Informative Presentation Assessment) with sandwich feedback method through Web Based Technology.

Dimana sebuah aplikasi penilaian public speaking yang dikombinasikan dengan metode sandwich feedback berbasis Web ini merupakan temuan beliau yang dapat membantu para pendidik dalam menilai kemampuan public speaking siswa maupun mahasiswa. Selain itu, Pipit juga melakukan penemuan yang merupakan penelitian yang lolos didanai oleh kementerian untuk Hibah doktor 2 tahun berturut-turut.

Selanjutnya Dara Riau 2010 ini menambahkan bahwa kesempatan ini akan terus dikembangkan untuk dapat mengharumkan nama Universitas dan FKIP UPP tentunya yang tidak hanya di tingkat nasional namun juga di ajang internasional. Sesuai dengan motto FKIP Berkolaborasi Menginspirasi.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru