Rabu, 19 Juni 2024

Roadshow to Campus UPP, Pemilihan Bujang Dara Rohul 2023 Segera Digelar

PASIRPENGARAIAN – Pemilihan Bujang Dara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2023 ini segera dilakukan. Sebelum pemilihan itu di gelar terlebih dahulu Panitia Pelaksana melakukan Roadshow.

Dimana pada Rabu (10/05/2023) bertempat di Aula Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu mengadakan sosialisasi dengan bertemakan Roadshow To Campus Pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu 2023 dan dilanjutkan pula ke STKIP Rokania.

Roadshow to Campus itu bertujuan untuk memberikan informasi bahwa dalam waktu dekat akan dibukanya pendaftaran pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu Tahun 2023. Selain itu juga memperkenalkan para generasi Rokan Hulu yang telah berhasil menjadi Dara Riau dan Bujang Dara pada masanya.

Hadir pada Roadshow to Campus di UPP itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu Elfia Susanti SAg, Kabid Pemasaran Pariwisata Fitriani SH M,Si, Rektor UPP Dr Hardianto MPd CPCT, Dekan FKIP sekaligus Dara Riau 2010 dan juga Wakil Duta Wisata Indonesia 2010 Dr Pipit Rahayu MPd, Finalis Bujang Riau 2017 (Jalur Umum) Rezki Ilahi, RunnerUp Dara Rokan Hulu 2017 Intania Hardi, beserta para mahasiswa se-lingkungan UPP.

Kegiatan yang di Taja Disparbud Rohul itu disambut sangat antusias oleh para mahasiswa UPP. Pada kesempatan itu juga setiap prodi di UPP memiliki utusan untuk mengikuti ajang pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu 2023 ini.

Sekretaris Disparbud Rohul, Elfia Susanti dalam sambutannya memberikan pengarahan kepada mahasiswa untuk ikut serta dan mendaftar pada ajang pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu 2023.

“Alhamdulillah untuk tahun ini pihak Dinas Pariwisata mendapatkan anggaran dalam menyelenggarakan pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu 2023, sehingga kelak akan dioptimalkan dalam pelaksanaannya. Pendaftaran dibuka mulai Rabu 11 Mei 2023 hingga 19 Mei 2023 dan grand final akan dilaksanakan pada 14-15 Juni 2023,” paparnya.

Ketika memberikan arahan dihadapan ratusan mahasiswa UPP, Elfia mengajak para mahasiswa UPP tidak sungkan belajar dari para generasi yang sudah berhasil menjadi Bujang Dara Rokan Hulu pada masanya.

“Bujang Dara memiliki peran penting dalam perkembangan Pariwisata dan Kebudayaan di Rokan Hulu. Mereka adalah icon dalam memperkenalkan pariwisata, kebudayaan, tradisi kepada masyarakat luar dan juga kepada turis yang berkunjung di Rokan Hulu. Selain itu, juga berperan penting mendampingi Bupati dalam melaksanakan tugas, baik di dalam maupun diluar kota. Besar harapan kami mahasiswa UPP menjadi salah satu finalis Bujang Dara tahun 2023,” tutur Elfia.

Sementara itu, Rektor UPP Dr Hardianto MPd CPCT juga mengajak mahasiswa UPP untuk ikut serta dan yakin mengikuti seleksi Pemilihan Bujang Dara Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 ini.

“Menjadi seorang mahasiswa tidak menjadikan diri kita diam tidak mempunyai prestasi baik di kampus maupun diluar. Silahkan gali prestasi disana kembangkan potensi yang ada dalam diri serta tingkatkan kualiats untuk mengupgrade diri menjadi mahasiswa yang cerdas, berprestasi dan unggul,” ajaknya.

Hardianto yang juga Ketua ICMI Orda Rohul itu juga memberi semangat dan meyakinkan kepada mahasiswa untuk percaya diri jika kelak menjadi finalis Bujang Dara, karena akan menjadi seorang Duta Pariwisata dan bisa melihat role model yang ada di UPP yaitu Dekan FKIP UPP sekarang ini Dr Pipit Rahayu MPd yang telah sampai di tingkat Nasional.

Diketahui, pada Roadshow tersebut sebagai pemateri yaitu : (1) Dara Riau 2010 Dr Pipit Rahayu MPd, (2) Finalis Bujang Riau 2017 (Jalur Umum) Rezki Ilahi, (3) RunnerUp Dara Rokan Hulu 2017 Intania Hardi.

Pada Roadshow itu para pemateri menjabarkan apa saja yang menjadi kriteria sebagai seorang Bujang Dara, apa saja yang menjadi tugas dari seorang Bujang Dara, apa keuntungan dan manfaat menjadi seorang Bujang Dara, serta tips tips yang harus di miliki oleh seorang Bujang Dara.

Dalam penyampaian materi oleh Dara Riau 2010, Dr Pipit Rahayu MPd beliau menyampaikan bahawsanya seorang Bujang Dara harus memiliki 3B (Brain, Beauty, and Behaviour). 3B tersebut mampu membentuk para Bujang Dara seorang yang cerdas, good looking serta berperilaku yang baik dan sopan. Tidak itu saja, para bujang Dara memiliki potensi yang baik dalam mengembangkan Pariwisata khususnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Dari Roadshow tersebut memberikan wawasan kepada para mahasiswa khususnya terkait Bujang Dara Rokan Hulu. Mahasiswa juga dihimbau untuk mendaftar dalam ajang pemilihan Bujang Dara Rokan Hulu, dan para mahasiswa juga dapat mewakili daerah kecamatan asal tinggal, dan akan di terima sebanak 46 pasang calon finalis Bujang Dara dari setiap kecamatan yang ada di Rokan Hulu.

Kepada masyarakat kabupaten Rokan Hulu, jika ada yang berkesempatan ingin mengikuti ajang pemilihan Bujang Dara dapat mengambil formulir pendaftaran di kantor FKIP UPP atau langsung mendatangi kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru