Rabu, 24 Juli 2024

Dispussip Rohul Gelar Lomba Perpustakaan Tingkat Desa se-Kabupaten Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Demi Pembudayaan Gemar Membaca dan Pemberian Penghargaan kepada perpustakaan di tingkat Desa/Kelurahan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Rohul menggelar Lomba Perpustakaan tingkat Desa atau Kelurahan se-Kabupaten Rokan Hulu tahun 2024.

Dimana kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Dispussip Rohul, pada Kamis (20/06/2024) pagi yang dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Dispussip Rohul, Nelli SS yang dihadiri oleh Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi, Para pejabat eselon II di lingkungan Dispussip Rohul, Para Pejabat Struktural eselon IV Dispussip Rohul, Para Dewan Juri, dan seluruh peserta dari perwakilan masing-masing desa/kelurahan se-Rokan Hulu.

Plt Kepala Dispussip Rohul, Nelli SS kepada awak media mengatakan, pembangunan di desa tidak hanya pada sektor infrastruktur saja, melainkan juga pembangunan pada sektor sumber daya manusia. Salah satunya yaitu pembangunan SDM yang berkualitas dengan cara menyediakan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang meningkatkan bagi masyarakat desa melalui sarana dan prasarana berupa perpustakaan desa.

“Hal ini diperkuat oleh keputusan kementerian desa pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 11 tahun 2019, serta surat keputusan bersama antara kemendes, pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi RI dengan perpustakaan Nasional RI nomor 2 tahun 2024 / nomor 8 tahun 2024 perihal penguatan diperbolehkannya dana desa untuk kegiatan operasional perpustakaan desa dalam upaya peningkatan minat dan budaya baca serta literasi di desa,” paparnya.

Plt Dispussip Rohul juga manyampaikan ucapan selamat kepada para peserta Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Rokan Hulu tahun 2024 yang telah melaksanakan rangkaian lomba hingga presentase dihadapan Dewan Juri yang berjalan dengan baik dan lancar.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi para peserta dan Masyarakat Desa hingga akan terwujud Perpustakaan Desa yang berkualitas, dan layanan prima dalam peningkatan sumber daya manusia serta masyarakat di Desa melalui Perpustakaan Desa itu sendiri. Sehingga apa yang diharapkan pemerintah baik Pusat, Daerah, maupun Desa berupa peningkatan minat dan budaya baca serta literasi dapat terwujud hingga ke Desa-Desa,” ungkapnya.

Nelli juga berpesan bagi para peserta lomba yang berhasil meraih terbaik Pertama, Kedua dan Ketiga serta harapan Pertama dan Kedua agar dapat ditingkatkan lagi, dan bagi peserta yang belum berhasil jangan berkecil hati, tetap berusaha dan tingkatkan pengembangan pespustakaan didesanya masing-masing.

“Harapan kami kepada peserta agar jangan merasa puas dengan hasil yang diperoleh pada hari ini, tapi jadikan kesuksesan ini sebagai motivasi/semangat untuk lebih meningkatkan kualitas layanan prima di Perpustakaan Desa masing- masing. Serta selalu melakukan atau menciptakan inovasi-inovasi dalam hal peningkatan SDM serta kesejahteraan bagi masyarakat desa melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),” harap Plt Dispussip Rohul.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan lomba itu dilakukan untuk mewujudkan agar Perpustakaan Desa/Kelurahan itu memiliki standar, dan berkualitas serta mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Selain itu, untuk meningkatkan kinerja Perpusdes/Kelurahan dalam melayani kebutuhan informasi dan literasi ke masyarakat Pedesaan/kelurahan dalam peningkatan kegemaran membaca, serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat Desa/Kelurahan dalam memanfaatkan perpustakaan Desa/Kelurahan,” ucapnya.

Sumardi juga menambahkan, bahwa jumlah peserta sebanyak 16 Perpusdes/Kelurahan dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Adapu pemenang dari lomba tersebut yaitu :

Juara I Perpusdes Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir.

Juara II Perpusdes Betung Bertuah Kecamatan Rokan IV Koto.

Juara III Perpusdes Masda Makmur Kecamatan Rambah Samo.

Harapan I Perpusdes Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah.

“Para pemenang akan diberi hadiah berupa piagam penghargaan, piala tetap serta uang pembinaan. Dimana lomba ini berlangsung selama dua hari, terhitung pada 19-20 Juni 2024,” tuturnya.

Sumardi menerangkan, dari 16 peserta akan dipilih 5 nominasi terbaik hasil penilaian Dewan Juri yang akan melanjutkan berupa presentase atau pemaparan melalui Power Point perwakilan Kabupaten Rohul untuk tingkat Provinsi Riau tahun 2024.

Adapun lima Perpusdes itu diantaranya, Perpusdes Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir, Perpusdes Bina Ilmu Masda Makmur Kecamatan Rambah Samo, Perpusdes Umar Yunus Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto, Perpusdes Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah, dan Perpusdes Lubuk Betung Kecamatan Rokan IV Koto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru