Rabu, 19 Juni 2024

Dispussip Rohul Sosialisasikan Budaya Baca dan Literasi kepada Pelajar dan Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Rohul, Selasa (21/05/2024) pagi di Aula SMPN 4 Ujung Batu, menggelar Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, Khusus, serta Masyarakat tahun 2024.

Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi tersebut di buka secara resmi oleh Plt Kepala Dispussip Rohul, Nelli SS yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Hadir pada sosialisasi itu Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul Sumardi SS MSi, Fungsional Pustakawan Ahli Muda Dipersip Riau Delviana Fransiska SSos MIKom, Ketua Aptusi Rohul Eliarita SPd, Kepala SMPN 4 Ujung Batu, Ketua PKK Ujung Batu, Ketua PKK Desa Ujung Batu, Ketua PKK Kelurahan Ujung Batu, dan seluruh peserta.

Plt Kepala Dispussip Rohul Nelli SS dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar, Khusus, serta Masyarakat tahun 2024 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bagi peserta dalam hal literasi membaca, sehingga membaca ini menjadi hobi dan kebutuhan baginya dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak hanya itu, sosialisasi ini kita lakukan juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan ia Rajin Membaca, sehingga dengan membaca dapat ia pahami dan implementasikan dalam kehidupannya,” ujar Plt Kepala Dispussip Rohul.

Dia mengakui, membaca itu sangat penting sekali, jadikan membaca itu suatu kebutuhan dan kebiasaan yang positif (kegemaran) sehingga dengan membaca yang kita lakukan dapat memperoleh informasi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Bila berbicara pula tentang masalah pengembangan minat dan budaya baca terutama bagi kalangan anak didik khususnya, umumnya masyarakat, salah satu pihak yang sangat berperan sekali adalah pemerintah baik itu Pusat, Provinsi maupun Daerah, khusus di Daerah Instansi terkait adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab/Kota. Karena diantara tugas pokok dan fungsi perpustakaan daerah itu adalah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa agar terwujud negara yang maju serta dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

“Maka dari itu, kami mengimbau dan mengajak kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi ini dengan baik agar apa yang disampaikan oleh pemateri dalam menambah ilmu pengetahuan bagi seluruh peserta dan diharapkan kepada peserta untuk terus meningkatkan minat baca serta mengajak teman-teman yang lain untuk menerapkan budaya baca serta literasi,” harap Nelli.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul Sumardi SS MSi dalam laporannya menyampaikan, bahwa jumlah peserta yang mengikuti Sosialisasikan Budaya Baca dan Literasi kepada Pelajar dan Masyarakat tahun 2024 ini berjumlah 30 (Tiga Puluh) peserta.

Dari jumlah tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah, masyarakat dan instansi lainnya, diantaranya ; SMP Islam Plus Ujung Batu, SMPN 5 Rokan IV Koto, SMPN 4 Ujung Batu, SMPN 3 Tandun, SD PPS TQ TU Ar Royyan Ujung Batu, SDN 014 Ujung Batu, SMPN 5 Satu Atap Kunto Darussalam, SMPN 5 Tandun, SMKN 2 Ujung Batu, SMPN 4 Ujung Batu, dan kalangan PKK serta masyarakat.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru