Kamis, 23 Mei 2024

Sekretaris LPPM UPP Ikuti Workshop Kesiapsiagaan Bencana di Lingkungan Perguruan Tinggi Tahun 2024

ROKANHULU – Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd CPCT diwakili Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPP, Ahmad Fathoni ST MT IPP mengikuti Workshop kesiapsiagaan bencana di lingkungan Perguruan Tinggi tahun 2024.

Workshop tersebut dilakukan secara virtual yang ditaja oleh Ditjen Diktiristek RI dimana kegiatan tersebut dipusatkan di Universitas Negeri Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Jumat (26/04/2024) pagi.

Workshop Kesiapsiagaan Bencana di Lingkungan Perguruan Tinggi Tahun 2024 di buka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Drs H Ganefri MPd PhD sebagai penyelenggara kegiatan Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Dikjen Diktiristek di Universitas Negeri Padang Tahun 2024.

Ahmad Fathoni menjelaskan, bahwa mengikuti workshop itu adalah untuk menambah pengetahuan dan ketarampilan yang baru serta meningkatkan kemampuan dalam upaya kesiapsiagaan bencana di lingkungan perguruan tinggi.

“Dengan mengikuti workshop ini kemampuan dan ilmu kita semakin bertambah serta kemampuan kita semakin meningkat dalam upaya kesiapsiagaan bencana di lingkungan perguruan tinggi, khususnya di Universitas Pasir Pengaraian,” tuturnya.

Workshop kesiapsiagaan bencana ini dilakukan bersempena dengan Peringatan Hari Kebencanaan Nasional Tahun 2024. Melalui kegiatan ini semoga ilmu yang didapatkan bisa disampaikan kepada seluruh civitas akademika Universitas Pasir Pengaraian.

Sementara itu, Rektor UNP Prof Drs H Ganefri MPd PhD berpesan kepada seluruh peserta Workshop agar bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik mungkin karena pentingnya kegiatan ini, dan diharafkan kepada seluruh perwakilan Perguruan Tinggi yang hadir mampu memberikan pertanyaan ataupun masukan terhadap materi yang di sampaikan agar persiapan kita dalam menghadapi bencana kedepannya diwilayah Sumatra Barat dan sekitarnya dapat ditingkatkan.

“Sesuai dengan moto Peringaran HKB tahun 2024 ini Siap Untuk Selamat, Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat,” ungkapnya.

Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof Djitjik Sri Djahjandarie PhD dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Workshop yang dilaksanakan hari ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia.

“Maka dari itu kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Kampus UNP yang telah bersedia sebagai penyelenggara kegiatan dan kedepan agar kerjasama antara pihak Kampus dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa lebih ditingkatkan sehingga tahapan tahapan persiapan dini menjelang terjadinya bencana dapat difahami oleh Masyarakat luas,” harapnya.

Sebagai pemateri Workshop Kesiapsiagaan Bencana di lingkungan Perguruan Tinggi Ditjen Diktiristek di Universitas Negeri Padang diantaranya :

  1. Asep Koswara MSi Perwakilan dari (Ditjen Diktiristek) dengan materi tentang “Resiko Bencana di Satuan Pendidikan”.
  2. Prof Rusnardi Rahmat Putra PhD Eng (Ketua Pusat Kajian Kebencanaan UNP) dengan materi tentang “Peranan Perguruan Tinggi dalam Mengurangi Resiko Bencana”.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru