Senin, 20 Mei 2024

Rektor UPP Harapkan Lulusan Milenial Harus Mampu Manfaatkan Teknologi Digital

PASIRPENGARAIAN – Untuk mendorong lulusan milenial Universitas Pasir Pengaraian (UPP) ditengah kemajuan dunia diaharapkan mampu memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan lapangan kerja.

“Di era milenial ini, peluang menciptkan kerja sangat banyak terutama dengan memanfaatkan teknologi digital dengan ide-ide kreatif dan inovatif,” tutur Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.net, Selasa (30/04/2024).

Ia mengatakan lulusan perguruan tinggi, jangan hanya menjadi pencari lapangan kerja (job seeker), namun juga harus mampu menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Hardianto mengatakan, mengutip hasil riset dari World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia) tahun 2020 yang menyebutkan terdapat 10 kemampuan utama yang paling dibutuhkan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

“Yaitu skill untuk memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, kreatif, kemampuan memanajemen manusia dan bisa berkoordinasi dengan orang lain,” urainya.

Selanjutnya adalah memiliki kecerdasan emosional, mampu menilai dan mengambil keputusan, berorientasi mengedepankan pelayanan, mampu negosiasi, serta fleksibilitas kognitif. Menurutnya, sepuluh keahlian ini juga sangat relevan dalam menghadapi Society 5.0.

“Kesuksesan juga tidak ditentukan oleh IPK maupun almamater top tempat belajar seseorang, melainkan ditentukan oleh keterampilan mengelola diri dan orang lain,” sambungnya.

Rektor UPP menambahkan, bahwa lulusan milenial agar menjadi agen perubahan (agent of change) tentunya dengan bekerja keras, kreatif dan inovatif, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan berdisiplin tinggi.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru