Minggu, 19 Mei 2024

Wujudkan Keseragaman Kearsipan, Dispussip Rohul Gelar Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi

PASIRPENGARAIAN – Demi mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik di Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Dimana Bimtek penerapan aplikasi Srikandi tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati, Suharman MSi di hotel Gelora Bhakti Pasir Pengaraian pada Selasa (03/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dispussip Rohul, Ir H Ruslan MSi, Kadis Kominfo Rohul diawakili Makmur Pasaribu, Pemateri dari Kearsipan Provinsi Riau, dan peserta perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Rohul.

Staf Ahli Bupati, Suharman mewakili Bupati Rohul mengatakan, bahwa saat ini kita telah memasuki era informasi. Namun demikian, perhatian terhadap pengelolaan informasi mengenai kearsipan masih belum optimal dimanfaatkan sebagai sumber informasi dan masih belum dianggap penting oleh sebagian pemangku kepentingan.

Untuk itu, melalui momentum Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi ini mari bersama-sama meningkatkan pemahaman terhadap tujuan, pengertian, asas, dan tata cara penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemkab Rohul.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terjaminnya arsip mengenai penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di daerah kita ini dengan kondisi autentik, utuh dan terpercaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispussip Rohul, Ir H Ruslan MSi mengatakan, bahwa dalam rangka penyelenggaraan pengelolaan persuratan dan kearsipan lingkungan pemerintah daerah maka diselenggarakan pengelolaan persyaratan kearsipan lingkungan pemerintah daerah dengan pedoman dan peraturan menteri luar negeri nomor 83 Tahun 2022 tentang kode klasifikasi arsip lingkungan pendirian dan negeri dan Pemda dan melaksanakan implementasi sistem informasi kearsipan dinamis dan generasi atau Srikandi juga sebagai tindak lanjut peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis elektronik.

“Ada banyak hal manfaat teknologi informasi dalam pengelolaan arsip yaitu memenuhi tuntutan manajemen akan kecepatan dan ketepatan informasi kemudahan aksebilitas dan menjamin serta menghemat ruang sarana prasarana,” tuturnya.

Lanjutnya, seiring dengan kemajuan teknologi mulai diterapkan pada bidang kearsipan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah seperti penciptaan arsip berbasis elektronik pengguna arsip secara online penyimpanan arsip secara basis data hal ini untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kearsipan kepada masyarakat.

“Upaya kita adalah bagaimana arsip yang selama ini kita kelola di masing-masing OPD kurang tersusun dengan rapi, mungkin dengan adanya bimtek ini ke depan nanti arsip yang selama ini kita kelola tidak sembarangan tempat,” ujarnya.

“Dengan perkembangan teknologi saat ini diharapkan akan tetap mendukung pelestarian kearsipan di Kabupaten Rokan Hulu sehingga mampu memperkuat arsip sebagai alat bukti yang otentik dan sebagai bahan pertanggungjawaban dan informasi bagi generasi sekarang dan yang akan dating,” tambah Ruslan.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Arsip Dispussip Rohul, Sugesti SE MSi dalam laporannya menyampaikan, puluhan peserta yang mengikuti Bimtek penerapan Aplikasi Srikandi itu merupakan perwakilan dari masing-masing Satker di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

“Untuk itu dilaksanakan Bimtek Aplikasi Srikandi ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap OPD di lingkup Pemda Rokan Hulu mengenai pemanfaatan Aplikasi Srikandi dalam mewujudkan pelayanan administrasi pemerintah di bidang kearsipan dinamis yang berkualitas dan terpercaya serta mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik dan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Sugesti menambahkan, Bimtek penerapan Aplikasi Srikandi ini dilaksanakan menggunakan Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, di laksanakan selama Tiga hari di Glora Hotel pasir pengaraian, yang diikuti oleh 30 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se -.Kabupaten Rokan Hulu.

“Kami menghadirkan pemateri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Riau, dimana narasumber ini adalah orang IT (Teknologi Informasi) yang memahami tentang implemetasi aplikasi Srikandi. Karena pada tahun 2024 kita semua sudah wajib menggunakan Aplikasi Srikandi dalam pengelolaan administrasi surat masuk dan keluar,” terang Sugesti.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru