Minggu, 19 Mei 2024

TIM PKM UPP Terapkan Teknologi Web-VR Destinasi Wisata Trip to Three Angle dan Lakukan Pelatihan Media Promosi Digital

PASIRPENGARAIAN – Tim PKM Dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berhasil merancang, membangun serta menerapkan teknologi Web-VR untuk destinasi wisata negeri seribu suluk yang tergabung pada program trip to three angle.

Penerapan Web-VR ini ditindaklanjuti yang disosialisasi Dosen Universitas Pasir Pengaraian selaku penerima hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) pada program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2023 terhadap ASN di Lingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (05/10/2023) di Aula Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Gorneng SSTP.

Pada sambutannya, Gorneng SSTP mengaku sangat menyambut baik kegiatan dan kolaborasi Dosen Universitas Pasir Pengaraian dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul.

“Kami sangat menyambut baik atas kerjasama dan kegiatan ini, sehingga dengan adanya Website atau Aplikasi ini, kita dapat mempromosikan Objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ke masyarakat luas baik secara Nasional maupun Internasional,” ujar Gorneng.

Diakuinya, harus adanya bahan promosi untuk memperkenalkan seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, sehingga dengan adanya promosi yang benar, maka akan mengundang wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Rohul.

“Apalah lagi ditengah kemajuan teknologi seperti saat sekarang ini, maka promosinya juga harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan yang lain,” tambahnya.

Dengan adanya website dan aplikasi yang dipelopori oleh Dosen UPP, Gorneng beranggapan masyarakat luas nantinya akan lebih mengenal dan mengetahui tentang Kabupaten Rokan Hulu yang dikenal sebagai Kabupaten Negeri Seribu Suluk, sehingga masyarakat luar tertarik untuk berkunjung dan berwisata ke Kabupaten Rokan Hulu.

“Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik kegiatan ini untuk bahan promosi objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” imbuhnya.

Penyerahan serah terima Web-VR dan Alat VR-Box dari Tim PKM Dosen UPP kepada Dinas Pariwisata dan Keduyaan Rohul, Kamis (05/10/2023)
Penyerahan serah terima Web-VR dan Alat VR-Box dari Tim PKM Dosen UPP kepada Dinas Pariwisata dan Keduyaan Rohul, Kamis (05/10/2023)

Sementara itu, Ketua tim Pengembangan Erni Rouza ST MKom didampingi Asep Supriyanto ST MKom ahli digital pemprograman dan Mr Rivi Antoni sebagai ahli bahasa transformasi dan komunikasi program mengatakan, adapun sosialisasi yang diberikan waktu itu yakni Sosialisasi penerapan teknologi berbasis web-VR (Virtual Reality) sebagai media promosi pariwisata khususnya program Trip To Three Angle dan pelatihan media promosi digital.

“Selain itu, kita juga memberi pelatihan seperti pelatihan Editing gambar untuk konten promosi Digital dan pelatihan pembuatan Akun Media Sosial Bisnis seperti Facebook dan Instagram,” jelasnya.

Erni menambahkan, saat ini perkembangan promosi digital mengalami peningkatan drastis, seiring dengan perkembangan dunia internet yang telah merambah di segala aspek bidang kehidupan. Sehingga untuk dapat menjangkau itu semua, kita juga harus terjun ke dunia teknologi itu sendiri guna melakukan pengembangan dan promosi objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni melalui media promosi dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi Web Virtual Reality. Konsep Virtual Reality ini akan memberikan informasi dalam berwisata sehingga tidak sulit untuk mencari lokasi yang kita tuju. Cukup dengan aplikasi ini, calon pendatang baru akan mengetahui semua informasi terkait objek wisata yang ada di Rokan Hulu,” ungkapnya.

Dengan menggunakan Web Virtual Reality ini, sambung Dosen muda itu, para wisatawan dapat membayangkan bagaimana suasana destinasi wisata dengan tampilan 360 derajat baik dalam bentuk Gambar maupun Video berdimensi 3D.

“Sehingga wisatawan akan sangat tertarik jika mereka mempunyai bayangan suasana atau pemandangan di sekeliling lokasi pariwisata tujuan. Hal ini dimaksud agar program pemerintah daerah tetap terus berjalan dan juga mendorong meningkatnya jumlah pengunjung domestik maupun mancanegara sehingga pendapatan sektor pariwisata dan laju pertumbuhan ekonomi penduduk tentunya dapat meningkat,” sebutnya.

Diketahui, pada kesempatan itu Tim PKM UPP juga melakukan serah terima Web-VR destinasi wisata Trip to Three Angle dan alat VR-Box dengan harapan mendorong meningkatnya jumlah pengunjung domestik maupun mancanegara.

Tim PKM juga mengucapan terima kasih kepada Universitas Pasir Pengaraian sebagai intitusi dan juga kepada Kemdikbudristek atas hibah Dana PKM Tahun 2023.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru