Senin, 20 Mei 2024

Mahasiswa Agroteknologi FP UPP Lakukan Pengelolaan Lahan Pertanian

PASIRPENGARAIAN – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melaksanakan kegiatan Praktikum di lahan percobaan Prodi Agroteknologi FP UPP.

Praktikum dilaksanakan pada Selasa (18/10/2022). Praktikum dilakukan dengan pengolahan lahan pertanian, hal ini bertujuan agar lahan yang akan ditanami menghasilkan tanaman yang baik dan produktivitas tanaman bisa maksimal.

Ketua Program Studi Agroteknologi FP UPP, Al Muzafri STP MSi menjelaskan, bahwa selain pengolahan lahan, mahasiswa Program Studi Agroteknologi FP UPP, mahasiswa Program Studi Agroteknologi FP UPP akan dibekali ilmu pengetahuan berupa teori dan praktik hampir disetiap mata kuliah.

“Mulai dari praktik pengolahan lahan, perawatan tanaman, panen dan penanganan pasca panen. Hal ini bertujuan memberikan keseimbangan pengetahun teori dan praktik agar mahasiswa Prodi Agroteknologi FP UPP memiliki Pengetahuan dan skill yang baik ketika lulus nantinya,” tuturnya.

Lanjutnya, lahan percobaan Program Studi Agroteknologi diolah dengan menggunakan handtractor yang di operasikan oleh mahasiswa Agroteknologi. Setelah menggunakan handtractor lahan yang sudah gembur akan dibuat bedengan dan selanjutnya akan diberi pupuk kandang agar memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

“Praktikum akan menunjang pengetahuan mahasiswa Program Studi Agroteknologi FP UPP yang sudah didapatkan melalu teori yang diperoleh ketika dikelas perkuliahan. Ir Edwar Bahar MP PhD merupakan salah seorang dosen Program Studi Agroteknologi FP UPP menyampaikan, praktikum ini merupakan praktikum mata kulian pengelolaan tanah dan air,” jelasnya.

“Beliau menyampaikan bahwa praktikum pengolahan lahan merupakan hal yang paling mendasar dari memulai pertanian, karena jika lahan pertaniannya di kelola dengan baik maka bisa dipastikan akan menghasilkan panen yang baik pula, ditambah dengan perwatan yang sesuai dengan jenis tanaman yang dibudidayakan,” tambah Ka Prodi Agroteknologi FP UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru