Kamis, 23 Mei 2024

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Gelar Pelatihan Workshop MBKM dan Pelatihan Public Speaking

PASIRPENGARAIAN – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian (UPP) langsungkan workshop MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sekaligus Pelatihan Public Speaking bagi mahasiswa-mahasiswi. Workhsop dan Pelatihan ini dilangsungkan di ruang kelas dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada awal hingga pertengahan Oktober 2022.

Terhitung sejak 03 hingga 10 Oktober 2022, para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris bekerja sama dalam pelaksanaan Pelatihan Public Speaking bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Latar belakang dilaksanakannya pelatihan ini adalah sebagai wujud implementasi dari diraihnya hibah pengabdian Dosen pada tahun 2022 lalu.

Dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut diantaranya, Dr Pipit Rahayu MPd, Dr Ummi Rasyidah MPd, Evi Kasyulita MPd, Eripuddin SHum MPd, Batdal Niati MPd, dan Andri Donal MPd. Para dosen juga berupaya melakukan pelatihan dan workshop terbaik kepada mahasiswa.

Dekan FKIP UPP Pipit Rahayu, Selasa (28/03/2023) mengatakan, bahwa himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP berupaya mengaktifkan program kerja himpunan mahasiswa di era perubahan yang mulai membaik pasca pandemi Covid-19, guna mencetak karakter mahasiswa dengan soft skill yang berkembang di masa depan.

Perhimpunan mahasiswa ini menghadapi berbagai tantangan, antara lain sering merasa resah ketika tampil di depan umum dan kurangnya pengawasan terhadap tumbuhnya minat dan bakat mahasiswa. Alhasil, tim pengabdian masyarakat program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian mengadakan pelatihan untuk membantu mahasiswa belajar lebih banyak tentang berbicara di depan umum.

“Workshop ini bertujuan untuk mengimplementasikan MBKM dengan tujuan menjadikan lulusan dan mahasiswa lebih kompeten baik soft skill maupun hard skill yang bekerja sama dengan kegiatan MBKM. Hal ini akan menjadikan lulusan dan mahasiswa lebih siap dan lebih relevan dengan kebutuhan saat ini, menjadikan lulusan dan mahasiswa sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan memiliki kepribadian,” terangnya.

Lanjutnya, Program pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan jalur yang dapat beradaptasi seharusnya bekerja dengan siswa untuk menumbuhkan kapasitas mereka yang sebenarnya sesuai dengan antusiasme dan kemampuan mereka melalui latihan MBKM yang dilaksanakan.

Pelatihan dan workshop tersebut diikuti kurang lebih 60 mahasiswa yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pelatihan Public Speaking dilaksanakan dengan waktu berjangka. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Public Speaking pada 03 Oktober 2022 yaitu pelaksanaan Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah. Pelaksanaan kegiatan selanjutnya yaitu pada 10 Oktober 2022 yaitu Kegiatan Praktek Public Speaking dan workshop kegiatan Public speaking dengan narasumber yaitu Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Pelaksanaan kegiataan terakhir yaitu pada 24 Oktober 2022 yaitu kegiatan Evaluasi untuk kegiatan public speaking,” papar Mantan Dara Riau tersebut.

Lebih lanjut Pipit memaparkan, bahwa setelah dilaksankannya Pelatihan Public Speaking, Prodi menyelenggarakan Workshop MBKM. Dalam agenda workshop MBKM dilaksanakan pada 20 Oktober 2022. Tahap pelaksanaan pengabdian MBKM dilaksanakan beberapa tahapan yaitu:

Tahap 1) Pelatihan

Pelatihan mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pelatihan mengenai MBKM sangat penting dalam mendorong himpunan program studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan perubahan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat menggunakan kemampuannya secara maksimal dan berkontribusi paling efektif bagi bangsa.

 

Tahap 2)  Pendampingan

Antusiasme peserta untuk mengikuti workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka menunjukkan bahwa mitra terlibat aktif dalam pelaksanaan proyek pengabdian kepada masyarakat.

 

Tahap 3)  Evaluasi

Selama tahap evaluasi, diketahui bahwa beberapa peserta belum mengikuti workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka saat kegiatan dilaksanakan.

 

Dengan sukses dilaksanakannya pelatihan dan Pengabdian telah memberikan pemahaman yang baik bagi para mahasiswa dan pengalaman yang berharga terkait public speaking dan metode dalam pelaksanaan Merdeka Beajar Kampus Merdeka.

“Selain bermanfaat bagi para mahasiswa, pelatihan tersebut juga bermanfaat bagi para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, karena para dosen mampu melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik, dan mampu mengembangkan program studi dengan bekerja sama dan membawa perubahan yang realistis,” harap Dekan FKIP UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru