Sabtu, 25 Mei 2024

Pimpinan Universitas Pasir Pengaraian Ajak Mahasiswa Perkuat Karakter dan Integritas

PASIRPENGARAIAN – Pimpinan Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, terus berupaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswanya. Dimana Pimpinan UPP mengajak dan berharap mahasiswanya untuk memperkuat karakter dan integritas.

“Kita menghimbau kepada mahasiswa agar dapat memperkuat karakter dan integritas, yang membuat kita sukses itu adalah kejujuran, kedisiplinan, bekerja lebih keras dari orang lain, mencintai apa yang kita kerjakan dan leadership kita,” tutur Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT, Senin (15/01/2024).

Dia menambahkan, mahasiswa harus mampu memperkuat mindset baru. Mindset adalah salah satu untuk menjadi sangat penting. Karena masa depan akan tergantung dari bagaimana cara berpikir dan cara memandang masa depan tersebut.

“Oleh karena itu, mahasiswa harus menjadi growth mindset. Karena Growth mindset adalah sebuah mindset yang yakin terhadap perubahan. Misalnya, yakin bahwa IQ bisa berubah, bakat bisa berubah, dan kebiasaan bisa berubah,” ucapnya.

Dengan demikian, kata Hardianto, orang yang memiliki growth mindset adalah orang-orang yang bisa mengubah dirinya, karena dia yakin bahwa semuanya bertumpu pada kemauan. Orang-orang yang memiliki growth mindset akan lebih optimis, akan lebih percaya diri dibandingkan dengan orang-orang yang fixed mindset.

Rektor UPP juga berharap mahasiswa agar memperkuat orientasi masa depan. Selama ini, banyak yang berpikir tentang praktik terbaik. Jika terus fokus pada praktik terbaik, selamanya akan menjadi pengikut.

“Tapi kalau kita orientasi pada masa depan, maka kita akan menjadi leader. Kita akan menjadi trendsetter (Pencipta Tren), kita akan menjadi orang-orang penentu perubahan. Dalam masa depan yang penting adalah kreativitas dan imajinasi,” jelasnya.

Kemudian, orang nomor satu di UPP itu mahasiswa memiliki soft skill dan kompetensi baru. Hardianto mengaku, UPP adalah ladang persemaian yang kondusif bagi mahasiswa untuk bisa memacu hard skill dan soft skill. Hal itu untuk memacu orientasi masa depan dan mampu mendorong perubahan mindset baru.

“Dan yang terakhir, mahasiwa harus mampu menciptakan sejarah-sejarah baru, dan menebar inspirasi. Menurut pernyataan Ki Hadjar Dewantara, setiap orang adalah guru dan setiap rumah adalah sekolah. Artinya, bahwa di manapun harus belajar. Belajar untuk mendapatkan pengetahuan, ilmu, dan pengalaman sebagai bekal untuk bisa menebar inspirasi,” ungkapnya.

Dia berharap mahasiswa UPP terus menebar manfaat yang kontekstual dan selalu aktif untuk menggali pengetahuan. “Ingat, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” katanya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru