Rabu, 24 Juli 2024

Dosen Fekon UPP Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pasir Baru

PASIRPENGARAIAN – Untuk menerapkan salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Jumat (06/10/2023) melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Pasir Baru, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

Pengabdian Masyarakat Fekon UPP di Desa Pasir Baru itu mengusung tema “Pembinaan Organisasi Pemuda Desa”. Adapun Dosen Fekon UPP yang melakukan Pengabdian Masyarakat diantaranya, Dekan Fekon UPP, Arrafiqur Rahman MM, Pembina Kemahasiswaan, Andi Lesmana MM, Ka Prodi Kewirausahaan, Nofriser MM, Dosen Fekon UPP, Dr Hendri Kurniawan MM, dan Arma Yuliza MSi Ak.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Pasir Baru, Agus Sugeng Riadi, Ketua Pemuda Karang Taruna Desa Pasir Baru, Purwanto, Tokoh Ulama, Tokoh masyarakat dan para pemuda Desa Pasir Baru.

Dekan Fekon UPP, Arrafiqur Rahman MM menjelaskan, pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh para Dosen Fekon UPP ini merupakan salah satu dari kegiatan Tri dharma perguruan tinggi.

“Pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi UPP pada kesempatan ini dilakukan di Desa Pasir Baru dengan tema Pembinaan Organisasi Pemuda Desa. Tema ini sengaja diangkat mengingat pemuda adalah bagian dari potensi desa yang merupakan SDM penggerak kemajuan desa,” paparnya.

Arrafiq menambahkan, pada pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan dosen Fekon UPP di Desa Pasir Baru itu ada tiga fokus utama yaitu ;

  1. Teknik menggali potensi desa untuk usaha pemuda. Topik diskusi tentang materi ini memberikan wawasan kepada peserta agar dapat mengenali beberapa metode-metode serta cara-cara sederhana dalam menggali potensi desa.

“Terkadang mungkin kita tidak mengetahui ada potensi yang luar biasa di desa, namun karena yang pada umumnya yang dilihat hanya dari sisi keindahan wisata umpamanya, sehingga potensi-potensi yang lain kadang dianggap tidak potensial. Untuk itulah diskusi ini memberikan sharing informasi terkait bagaimana teknik dalam menggali potensi desa,” ungkapnya.

  1. Peranan akuntansi dalam usaha organisasi pemuda. Tapi diskusi tentang materi ini memberikan wawasan terkait bagaimana menggunakan pencatatan keuangan usaha menggunakan sistem akuntansi. Ilmu akuntansi tentu adalah ilmu yang diakui dalam sistem pencatatan keuangan yang akurat, akuntabel dan memiliki nilai validitas yang tinggi dalam mengukur seluruh aset dan keuangan suatu usaha.

“Banyak organisasi kadang tidak dapat mengukur secara akurat keuangan usahanya, karena sistem pencatatannya yang belum sesuai dengan sistem pencatatan akuntansi. Untuk itulah materi ini diberikan dalam sharing diskusi sederhana pada kegiatan pengabdian masyarakat ini,” jelas Arrafiq.

  1. Menggali inspirasi ide bisnis organisasi pemuda desa. Setelah dapat mengetahui bagaimana dan apa-apa potensi desa topik diskusi terakhir yang diberikan dalam kegiatan ini adalah terkait bagaimana inspirasi ide-ide bisnis usaha pemuda desa.

“Topik diskusi dalam materi ini memberikan wawasan tentunya bagaimana dan apa saja inspirasi inspirasi ide-ide bisnis yang dapat dikembangkan oleh pemuda desa mengacu kepada potensi-potensi yang ada di desa itu sendiri,” ujarnya.

Pada pelaksanaan Pengabdian masyarakat di Desa Pasir Baru itu Tim yang hadir adalah Arrafiqur Rahman, Andi Lesmana, Nofriser, Arma Yuliza dan Hendry Kurniawan

Pada sesi diskusi yang hangat dan sederhana Kepala Desa Pasir Baru, Agus Sugeng Riadi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang telah membuka wawasan baik desa dan pemuda desa.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang telah memilih Desa kami sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kami sangat terbantu dan wawasan kami bertambah dalam mengembangkan pemuda desa kami,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Desa Pasir Baru, Purwanto juga mengucapkan terima kasih telah membuka tambahan sharinh informasi kepada pemuda desa. “Melalui kegiatan ini kami mendapatkan inspirasi dan ide-ide dalam mengembangkan pemuda kami kedepannya,” ungkap Purwanto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru