Rabu, 24 Juli 2024

Cara Membangun Manajemen SDM Usaha yang Berkualitas

PASIRPENGARAIAN – Salah satu sektor yang tidak bisa diabaikan dalam suatu perusahaan atau usaha adalah perihal memanajemenkan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini menjadi penting, sebab SDM yang baik dan profesional akan membawa kemajuan dalam sebuah usaha. Apalagi jika ditambah dengan keterampilan, skill, loyalitas, dan integritas terhadap usaha, maka akan menjadi nilai plus yang mampu membawa usaha itu kea rah kemajuan.

Ketua Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Nofriser SSos MM, kepada Riauposting.id, Rabu (21/12/2022) menerangkan, bahwa untuk membangun manajemen SDM yang berkualitas dalam menjalankan sebuah usaha tentunya tidaklah gampang.

“Membangun SDM dalam suatu perusahaan atau usaha adalah sangat penting. Karena SDM yang baik dan professional sangat membawa kemajuan bagi sebuah usaha yang tengah kita lakukan. Namun untuk membangun SDM tersebut tidaklah gampang,” paparnya.

Perlu diketahui juga, kata Nofriser, bahwa membangun sumber daya manusia ini tidak hanya melalui pengembangan keterampilan dan pendidikan saja. Tetapi juga banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangunnya. Adapun cara yang atau strategi dalam membangun manajemen SDM diantaranya melakukan pelatihan.

“Pelatihan bisa dilakukan untuk pengembangan dan pembangunan individu, yang tujuannya untuk meningkatkan keterampilan, sikap dan juga pengetahuan. Pelatihan ini tidak hanya menguntungkan karyawan saja tapi juga perusahaan atau usaha. Karena suatu usaha atau perusahaan tidak akan berkembang apabila karyawannya tidak punya minat serta keterampilan kerja yang tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Ka Prodi Kewirausahaan UPP itu, cara membangun menajemen SDM yaitu dengan melakukan pembinaan. Selain pelatihan dan pendidikan, pembinaan juga diperlukan dalam proses manajemen SDM. Pembinaan untuk karyawan bisa dilakukan dengan cara mengatur serta membina manusia yang menjadi subsistem organisasi.

“Kemudian juga dengan cara recruitment. Dengan melakukan recruitment untuk mendapatkan SDM atau karyawan yang sesuai dengan klarifikasi kebutuhan perusahaan atau usaha yang menjadi salah satu alat pembaharuan organisasi,” terangnya.

Dijelaskan Nofriser, cara membangun manajemen SDM juga bisa dilakukan dengan perubahan sistem. Tujuan dibuat dari perubahan sistem adalah untuk menyesuaikan sistem serta prosedur yang ada di organisasi sebuah usaha yang dijalankan. Selain itu juga menjadi jawaban dalam mengantisipasi setiap ancaman serta peluang yang berasal dari faktor eksternal.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru