Kamis, 23 Mei 2024

Ini Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Mesin UPP

PASIRPENGARAIAN – Teknik mesin adalah jurusan yang mempelajari mengenai perancangan, desain, dan analisis sampai dengan implementasi kebutuhan mesin. Meski jurusan teknik mesin bukan jurusan favorit, namun lulusan teknik mesin tidak bisa dianggap remeh. Karena setiap aspek kehidupan sangat membutuhkan lulusan sarjana teknik mesin.

Ahmad Fathoni ST MT selah seorang dosen Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kamis (22/12/2022) kepada Riauposting.id menjelaskan, Program Teknik Mesin UPP bertujuan mendidik mahasiswa dalam pengembangan sikap dan keterampilan professional dibidang teknik mesin sehingga mampu beradaptasi serta mengembangkan diri pada perkembangan ilmu dan teknologi baru.

“Tentunya setiap kita sudah tidak asing lagi yang namanya mesin. Bahkan mungkin banyak diantara kita yang memiliki hobi mengotak-atik mesin. Jika demikian, maka Prodi Teknik Mesin UPP adalah pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya,” tutur Fathoni.

Dia menambahkan, bahwa lingkup kegiatan teknik mesin pada saat ini sudah mencakup hampir semua aspek peralatan dan proses yang ada. Seorang sarjana teknik mesin dapat berperan dibidang pembangkitan, pemanfaatan, dan konservasi energi seperti di pembangkit listrik, perencangan sistem pemanas, pengondisi udara, pendinginan, dan kriogenika.

“Selain itu, seorang sarjana teknik mesin dapat pula berkiprah dibidang transportasi, industri otomotif, industri proses, pertambangan, dan industri peralatan rumah tangga,” ujarnya.

Terkait manfaat atau keuntungan mempelajari teknik mesin, kata Ahmad Fathoni, diketahui ada beberapa keuntungan menjadi lulusan Teknik Mesin diantaranya, selalu dibutuhkan oleh banyak industry, memiliki prospek kerja yang luas, dan lebih faham mengenai perhitungan yang berkaitan dengan mesin.

“Biasanya, jurusan teknik mesin ini selalu dibutuhkan pada banyak industry, apalagi industri besar yang menggunakan mesin dalam operasionalnya. Selain itu juga, setelah lulus dari teknik mesin juga bisa bekerja di sektor perminyakan, pertambangan dan sebagainya,” papar Ahmad Fathoni.

“Apa lagi memiliki skill komunikasi yang baik jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu menjadi bagian dari mahasiswa Jurusan Teknik Mesin di Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian,” ajaknya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru