Rabu, 24 Juli 2024

Dorong Kesejahteraan Masyarakat, Tim PKM UPP Berdayakan Pembuatan Gula Semut

PASIRPENGARAIAN – Untuk mendorong kesejahteraan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau berdayakan masyarakat pembuatan gula semut.

Sosialisasi dan pembuatan Gula semut itu mengusung tema “Digital Branding Koperasi dan UKM Desa Bangun Purba Timur Jaya”. Kegiatan tersebut dipusatkan oleh Tim PKM UPP di halaman rumah Sekretaris Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (16/08/2022) pukul 08.00 WIB.

Tim PKM UPP mensosialisasikan pembuatan gula semut kepada petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya, Selasa (16/08/2022)
Tim PKM UPP mensosialisasikan pembuatan gula semut kepada petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya, Selasa (16/08/2022)

Hadir pada kegiatan pelatihan pembuatan gula semut ini, Kades Bangun Purba Timur Jaya, Rusli Sireger, Sekdes Bangun Purba Timur Jaya, Lukman Siregar, Dekan Filkom UPP, Hendri Maradona MKom, mahasiswa dan masyarakat selaku petani kebun aren yang ada di Desa Bangun Purba Timur Jaya.

Hendri Maradona MKom selaku Ketua Tim PKM UPP, Selasa (16/08/2022) kepada Riauposting.id menjelaskan, bahwa sosialisasi pemberdayaan pembuatan gula semut dari air aren kepada masyarakat Desa Bangun Purba Timur jaya itu bertujuan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan yang sehari-harinya sebagai petani air aren.

“Kegiatan yang kita lakukan hari ini yaitu sosialisasi pemberdayaan pembuatan gula semut yang terbuat dari air aren untuk mendorong dan meningkatkan ekonomi petani aren. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat yang telah lulus dalam penerimaan hibah dari kementerian,” paparnya.

memasak atau merebus air aren hingga menyusut tanda pengolahan awal pembuatan gula semut
memasak atau merebus air aren hingga menyusut tanda pengolahan awal pembuatan gula semut

Hendri Maradona menambahkan, bahwa tim PKM UPP ini berasal dari Fakultas Ilmu Komputer UPP. Dimana Tim ini mengedukasi para petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya untuk membuat gula semut dengan kualitas yang lebih baik.

“Edukasi yang dilakukan dimulai dari teknik pemilihan bahan baku, kendali suhu, hingga penyaringan produk. Kami berdayakan pengolahan gula semut ini agar petani aren dapat menambah produknya selain Gula Merah (Brown Sugar) yang menjadi salah satu produk unggul daerah desa setempat,” paparnya.

petani aren mengaduk air aren yang direbus yang sudah siap menjadi gula merah untuk di proses menjadi gula semut
petani aren mengaduk air aren yang direbus yang sudah siap menjadi gula merah untuk di proses menjadi gula semut

Dekan Filkom UPP itu lebih lanjut menjelaskan, pihaknya mengajarkan teknologi pengolahan gula aren menjadi produk brown sugar merupakan aplikasi teknik kristalisasi senyawa gula. Teknologi itu akan meningkatkan nilai jual gula aren sehingga menjadi peningkatan pada pendapatan petani aren.

“Brown sugar sebagai gula herbal cocok konsumsi yang dicampur dengan kopi dan teh. Dimana pada sekarang ini banyak kalangan yang menggunakan brown sugar yang terbuat dari air aren itu sebagai pengganti gula putih,” ujarnya.

Selain Pembuatan Gula Semut itu, kata Maradona, Tim PKM dari Filkom UPP itu juga membantu petani aren dalam pembuatan Desain Grafis (Pembuatan Logo, tagline dan lainnya), pembuatan atau penyediaan website kepada petani aren, dimana website ini bertujuan untuk portal UKM atau koperasi agar lebih mudah aksesnya bagi masyarakat luas.

Kemudian Tim PKM UPP juga menyediakan kepada petani aren (UKM) pembuatan konten media sosial seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan iklan-iklan yang ada di media sosial nantinya.

“Kami berharap brown sugar itu juga bisa digunakan oleh berbagai kalangan seperti perhotelan, warung, cafe resto dan lainnya demi menyuguhkan gula yang lebih sehat bagi konsumen (Masyarakat),” ujarnya.

Maradona mengakui, kegiatan ini berlangsung selama empat sesi, dimana pada sesi pertama ini yaitu sosialisasi dan pembuatan memasak air aren menjadi gula aren. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Digital Branding, mengolah gula aren menjadi gula semut dengan menggunakan teknologi.

“Produk yang digadang menjadi unggulan daerah itu bisa menjadi alternatif pemanis bagi penderita diabetes. Bahan pembuatan gula semut itu terdiri dari air aren (Enau) dengan cara di masak, di ayak dan di panaskan dengan open agar ketahanannya bisa lama. Brown sugar banyak diproduksi dan menjadi solusi bagi penderita diabetes,” ungkapnya.

Selanjutnya, Maradona mengakui, bahwa dirinya menjadikan Desa Bangun Purba Timur Jaya itu menjadi desa binaannya dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap, para petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya tetap semakin kompak dalam menjalankan kegiatan ini sehingge kedepannya mampu meningkatkan perekonomian para petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya ini,” harapnya.

Diketahui, Hendri Maradona bersama Tim PKM UPP terlihat memaparkan dan berbincang-bincang dengan petani aren sembil memaparkan tentang tata cara pengolahan aren menjadi gula semut sebagai produk unggulan bagi Desa Bangun Purba Timur Jaya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru