Rabu, 24 Juli 2024

Fakultas Pertanian UPP Jalin Kerjasama dengan SMK Kelapa Sawit AGI Pelalawan Riau

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkat sumber daya manusia dibidang pembelajaran dan pendidikan serta praktikum yang berhubungan dengan kelapa sawit, Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menjalin kerjasama dengan SMK Kelapa Sawit ARSYA GANEETA INDONESIA (AGI) Pelalawan Riau.

Dimana kegiatan tersebut berlangsung di Ruang pertemuan Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada Jumat (05/07/2024). Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Dekan Fakultas Pertanian UPP, Lufita Nur Afia FCh SP MSi dengan Kepala SMK Kelapa Sawit AGI Pelalawan Riau, Ririn Jauharaini SH MH.

Tidak hanya itu saja, penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian dengan SMK Kelapa Sawit AGI Pelalawan Riau itu juga dihadiri Ketua Yayasan SMK Kelapa Sawit AGI Pelalawan, Riau, Dr Muhammad Syafii, Ketua Prodi Agroteknologi dan Agribisnis serta dosen-dosen di lingkungan Fakultas Pertanian UPP.

Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah MSi mengatakan, bahwa perjanjian kerjasama antara Fakultas Pertanian UPP dengan SMK Kelapa Sawit AGI Pelalawan Riau ini berfokus kepada empat bidang.

“Adapun Empat bidang dari kerjasama kedua belah pihak ini yaitu, pertama Peningkatan sharing bidang pembelajaran. Kedua peningkatan kualitas tenaga pendidik, Ketiga praktikum materi yang berhubungan dengan kelapa sawit, dan Keempat keberlanjutan pendidikan dari SMK ke Perguruan Tinggi nantin,” paparnya.

Lufita menambahkan, bahwa kedatangan civitas SMK Kelapa Sawit AGI ke Fakultas Pertanian UPP ini menjadi momentum kerjasama kedepannya agar Faperta UPP bersama SMK Kelapa Sawit AGI dapat memperkuat SDM Bidang Kelapa Sawit terutama di bumi Melayu Riau yang dikenal dengan provinsi yang mempunyai perkebunan sawit terluas di Indonesia dan memproduksi CPO terbanyak di dunia.

Dekan juga menerangkan, bahwa Fakultas Pertanian UPP saat ini terus berkembang, baik itu dari segi kepercayaan masyarakat untuk menjadi mahasiswa maupun dari bentuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian terus meningkat, apalagi baru baru ini Fakultas Pertanian UPP dipercaya oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendidik mahasiswa dari seluruh Indonesia sebanyak 30 orang.

“Ini semakin menjadikan Fakultas Pertanian UPP pilihan pendidikan terbaik khususnya bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu Riau untuk mendapatkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi,” terang Lufita.

Sementara itu, Ketua Yayasan SMK AGI Pelalawan, Dr Muhammad Syafii juga menyampaikan, bahwa keberadaan Fakultas Pertanian UPP sudah tersebar luas di Provinsi Riau, pada umumnya dan secara khusus di Kabupaten Pelalawan, sehingga harapannya dengan dilakukan penandatanganan kerjasama ini dapat memfasilitasi siswa/i SMK AGI untuk melanjutkan pendidikan dengan fokus utama perkebunan kelapa sawit.

“Kami sangat berharap para siswa/i meningkatkan kapasitas pendidikan di bidang perkebunan kelapa sawit agar perkebunan kelapa sawit yang ada di Riau semakin baik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Pertanian UPP yang telah mau bekerjasama dalam membantu kami mendidik siswa/I kami,” ucapnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru