Rabu, 19 Juni 2024

Prospek Karier Menjanjikan Bagi Lulusan Ilmu Komputer UPP

PASIRPENGARAIAN – Perkembangan zaman sekarang ini telah berkembang pesat penuh dengan teknologi dan dengan silih bergantinya tahun bahkan perkembangan teknologi semakin meningkat. Tentunya disitu pula banyak peluang karier yang sangat menjanjikan bagi para lulusan ilmu komputer.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Hendri Maradona MKom kepada Riauposting.net, Senin (13/05/2024) menerangkan, bahwa salah satu prospek jenjang karier bagi lulusan ilmu komputer adalah Software Developer. Bagi Lulusan ilmu komputer UPP sangat mampu sebagai seorang software developer atau pengembang perangkat lunak.

“Pekerjaan ini berhubungan dengan membuat software seperti aplikasi berbasis komputer atau gadget lainnya. Selain itu, Lulusan ilmu komputer Universitas Pasir Pengaraian dengan pengalaman mumpuni juga mampu sebagai seorang konsultan IT. Tugas pekerjaan ini adalah melakukan perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi,” ungkapnya.

Hendri Maradona juga menambahkan, bahwa lulusan ilmu komputer UPP juga bisa menjadi Programmer. Meski banyak orang menganggap programmer sama dengan software developer, namun keduanya adalah profesi berbeda. Jika software developer mengelola segala hal terkait proses pengembangan software, maka programmer bertugas membuat bahasa pemrograman (coding). Secara sederhana dapat dikatakan bahwa pekerjaan programmer termasuk dalam salah satu job desk seorang software developer.

“Kemudian juga bisa sebagai Digital Entrepreneur. Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan ilmu komputer UPP bisa menjadi seorang digital entrepreneur profesional. Tugasnya antara lain menganalisis data hingga strategi pemasaran dan menganalisis database bisnis yang dijalankan, guna mendapat suatu keputusan yang bisa dipakai dalam proses digital marketing,” jelasnya.

Selanjutnya, masih banyak ilmu lain yang didapat bagi lulusan Fakultas Ilmu Komputer UPP, diantaranya, ada Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika. Dia juga mengakui bahwa di Filkom tenaga pengajar atau dosennya juga sudah menguasai dibidang masing-masing.

“Di fakultas kita ini ada dua Program Studi (Prodi) diantaranya, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika. Dimana dosen kita sudah sangat menguasai di bidang atau prodinya masing-masing,” ungkapnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru