Senin, 20 Mei 2024

Membanggakan, UPP Salah Satu Kampus Penyelenggara Beasiswa BPDPKS 2024

BANDUNG – Dalam rangka persiapan pelaksanaan seleksi Beasiswa Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2024 melalui pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Universitas Pasir Pengaraian (UPP) mengikuti Rapat Persiapan Seleksi Beasiswa Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan itu diikuti oleh Rektor UPP Dr Hardianto MPd CPCT, Wakil Rektor II H Hidayat SE MM CPHCM, Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah SP MSi, dan Ketua Program Studi (Ka Prodi) Agroteknologi Al Muzafri STP MSi. Dimana kegiatan itu berlangsung selama 3 hari terhitung pada 26 s/d 28 Maret 2024 di salah satu Hotel di Bandung, Jawa Barat.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT, Rabu (27/03/2024) melalui seluler kepada Riauposting.net menjelaskan, UPP mengikuti Rapat Persiapan Seleksi Beasiswa Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit bersama Dirjen Perkebunan adalah pembahasan tentang persiapan lembaga perguruan tinggi penyelenggara beasiswa pengembangan SDM kelapa sawit tahun 2024.

“Dimana Fakultas Pertanian UPP adalah salah satu yang menjadi lembaga penyelenggara dari 23 perguruan tinggi se-indonesia yang lolos di tahun 2024 tentang penerimaan calon mahasiswa untuk mendapatkan Beasiswa BPDPKS dari Dirjen Pekebunan,” terangnya.

Lanjutnya, pada rapat tersebut UPP dan perguruan tinggi lainnya dibimbing tentang segala sesuatu persiapan atau proses pada seleksi dalam melakukan penerimaan calon mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

“Jadi bimbingan teknis tadi itu mencakup tentang segala sesuatu persiapan proses proses seleksi mulai dari penetapan lembaga yang sudah berlalu kemudian koordinasi dan sosialisasi dengan lembaga pendidikan dan juga dengan Dirjen Perkebunan serta juga BPDPKS. Kemudian nanti setelah ini akan ada sosialisasi pendaftaran beasiswa dari perguruan tinggi kepada seluruh masyarakat termasuk nanti juga akan bekerja sama dengan dinas perkebunan provinsi dan kabupaten,” ungkap Hardianto.

Rektor UPP menambahkan, setelah sosialisasi itu, nanti baru akan dibuka pendaftaran beasiswa tersebut. Pendaftaran ini ditujukan untuk seluruh calon mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia yang berasal dari keluarga memiliki kelapa sawit atau dari keluarga pengurus koperasi kebun kelapa sawit atau dari pihak-pihak yang memang memiliki usaha-usaha perkelapa sawitan dengan standar-standar khusus yang nanti akan informsikan lebih lanjut.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah SP MSi didampingi Ka Prodi Agroteknologi UPP Al Muzafri STP MSi menerangkan, Fakultas Pertanian UPP melalui prodi Agroteknologi akan menjadi pilihan bagi lulusan SMA SMK sederajat untuk bisa kuliah dengan beasiswa full sampai tamat dan akan diberi uang transport, uang buku, gratis asrama atau rumah kost, dan uang saku setiap bulannya.

“Jadi seleksi ini akan ketat, diharapkan kepada adik-adik lulusan SMA SMK sederajat untuk siap-siap dalam menghadapi seleksi ini. Adapun tahapan seleksi itu nanti untuk pendaftarannya secara online via website, kemudian ada perbaikan data, seleksi TPA dan wawancara serta adanya penerimaan hasil seleksi,” tuturnya.

“Nah penerimaan hasil seleksi juga ada verifikasi lapangan yang akan dilakukan secara terpadu oleh provinsi dan kabupaten bersama Dirjen Perkebunan. Setelah itu ada proses rekomteks dan penyampaian rekomteks ke BPDPKS, pengumuman hasil rekomteks,” tambah Lufita.

Dekan Fakultas Pertanian UPP menyampaikan, Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPP akan menerima sebanyak 30 orang untuk tahun 2024 ini. Jadi itu akan diperebutkan oleh seluruh calon mahasiswa yang tersebar di seluruh wilayah Negara Indonesia.

“Kami dari Fakultas Pertanian UPP sudah sangat siap untuk melakukan tahapan menuju beasiswa SDM kelapa sawit ini. Untuk proses seleksi mendapatkan beasiswa ini akan dilakukan oleh Dirjen perkebunan. Kami hanya sebagai menyelenggarakan proses dalam pembelajaran,” ungkapnya.

Lufita mengakui, bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi ini untuk perkuliahan akan dimulai awal September 2024, sedangkan pendaftaran itu nanti akan dimulai pada April 2024 sampai dengan Mei 2024.

“Jadi dengan ini kami menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk bersiap mendaftarkan diri di Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian dan mendapat fasilitas beasiswa full beserta tunjangan dan lain-lain perbulannya serta juga kualitas perkuliahan yang mumpuni,” paparnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru