Sabtu, 25 Mei 2024

Pimpinan UPP Bagikan 3 Tips Semangat Belajar di Bulan Ramadhan bagi Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN – Bulan Ramadhan adalah sebagai bulan yang penuh ampunan dan penuh keberkahan, sebagai umat muslim bulan ramadhan seharusnya dijadikan waktu untuk berlomba-lomba mencari kebaikan dan hal positif. Termasuk menambah semangat untuk belajar bagi mahasiswa.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd CPCT, Senin (25/03/2024) membagikan 3 tips Semangat Belajar di Bulan Ramadhan bagi Mahasiswa, adapun tipsnya yaitu :

  1. Perbanyak belajar sembari menunggu berbuka puasa

Mahasiswa harus memperbanyak belajar saat bulan Ramadhan. Manfaatkan waktu-waktu luang seperti menjelang buka puasa, atau biasa disebut sebagai waktu ngabuburit, untuk belajar. Karena ilmu yang bermanfaat jika dipelajari bisa menjadi pahala bagi umat muslim.

“Kalau mahasiswa belajar sambil berpuasa, tetap semangat, dan bahkan jadikan bulan puasa itu sebagai bulan belajar. Sambil ngabuburit, baca-baca. Belajar bukan termasuk kerja kasar dan kerja berat, malah justru meringankan puasa,” ujarnya.

  1. Perbanyak baca Al-Qur’an dan ibadah

Jangan melewatkan waktu jika ada kesempatan untuk membaca Al-Qur’an, bahkan jumlahnya bisa ditingkatkan lagi. Membaca Al-Qur’an menurut Rektor UPP dapat meningkatkan semangat dan rasa syukur seseorang.

“Kalau biasanya membaca Al-Qur’an 10 halaman, saat Ramadhan ditingkatkan jadi 20 halaman, sambil ngabuburit baca Al-Qur’an. Nantinya ketika baca Al-Qur’an saja berjalan dengan baik, belajar juga pasti berlangsung dengan baik,” terang Hardianto.

  1. Perbanyak sedekah dan perhalus budi pekerti

Hardianto juga mengingatkan kepada umat muslim, khususnya mahasiswa agar lebih dermawan saat bulan Ramadhan. Karena satu kebaikan yang dikerjakan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dengan banyak sedekah dan memaknai puasa, para pelajar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Sekaligus lebih banyak bersyukur, karena masih banyak anak muda di luar sana yang ingin belajar namun mungkin belum memperoleh kesempatan tersebut karena masalah biaya maupun lainnya.

“Kalau mahasiswa misalnya belum punya uang lebih, untuk menjadi dermawan, bisa diganti dengan membantu masyarakat, meringankan beban orang tua dan keluarga, salah satunya dengan cara rajin belajar, itu bisa menjadi sedekahnya. Intinya berbuat baik dengan sesama, dengan demikian kita akan bisa memahami nikmatnya berkah belajar,” pungkasnya.

Rektor UPP juga mengingatkan, puasa janganlah menjadi alasan bagi mahasiswa untuk bermalas-malasan. Justru mahasiswa harus lebih bersemangat untuk mencari ilmu agar mendapatkan berkah yang berlipat ganda.

“Melakukan aktivitas perkuliahan itu tidak boleh mengeluh karena bukan termasuk pekerjaan kasar dan berat. Jadi tetap semangat dan bahkan bulan puasa itu bulan untuk belajar,” pesannya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru