Senin, 20 Mei 2024

Prodi Kewirausahaan UPP Ajak Mahasiswa Bangun Rencana dan Wujudkan Bisnis Terarah

PASIRPENGARAIAN – Dunia digital yang berkembang pesat saat ini, menuntut semua orang untuk terus berkreasi dan berinovasi memenuhi kebutuhan dan tantangan zaman. Kewirausahaan atau enterpreneurship menjadi salah satu jalannya.

Untuk memulai sebuah usaha, tentunya sebagai entrepreneur membutuhkan perencanaan yang matang. Tidak hanya sekadar mempunyai niat dan ide kemudian langsung mendirikan usaha. Namun, setelah menemukan ide, perlu merealisasikan ide bisnis menjadi sebuah bisnis yang sukses. Maka salah satu caranya adalah menyusun perencanaan usaha terlebih dahulu.

Menurut Ka Prodi Kewirausahaan UPP, Nofriser SSos MM, Rabu (07/02/2024) kepada Riauposting.net menjelaskan, membangun sebuah bisnis tanpa perencanaan tidak akan tahu kemana tujuan dan arah bisnis yang jelas. Begitu pula dengan materi yang diterapkan pada matakuliah entrepreneurship.

“Menekankan pada pembuatan suatu perencanaan usaha atau yang disebut business plan. Business plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang/jasa, dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana,” tuturnya.

Begitu penting  business plan dalam langkah awal menjalankan usaha dengan beberapa manfaatnya yaitu sebagai panduan dalam menjalankan bisnis, meminimalisir risiko kerugian yang terjadi dalam bisnis, diperlukan untuk mencari sumber dana dan bisa memberikan gambaran atau prediksi hasil di masa depan.

“Oleh karena itu, diperlukan materi perencanaan bisnis yang komprehensif dan rancangan format rencana bisnis yang tepat, sehingga memiliki panduan yang kuat dalam menjalankan bisnis,” ungkapnya.

Lanjutnya, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melalui prodi dan berkolaborasi dengan dosen pengampu matakuliah entrepreneurship memiliki komitmen untuk terus mendampingi mahasiswa menjadi wirausahawan, salah satunya dalam materi pembuatan business plan tersebut.

“Dengan adanya pendidikan kewirausahaan, diharapkan dapat meningkatkan semangat, mengembangkan kemampuan dan keilmuan serta dapat membantu mempersiapkan diri untuk memulai bisnis,” paparnya.

Ia berharap, semoga hal ini dapat mengubah pemikiran mahasiswa dari yang awalnya setelah lulus mencari pekerjaan. Namun menjadi wirausahawan setelah lulus bahkan sebelum lulus kuliah, dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu menurunkan angka pengangguran.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru