Sabtu, 25 Mei 2024

Webinar Cross Culture Understanding Prodi Bahasa Inggris UPP Sukses Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN – Webinar Cross Culture Understanding yang diselenggarakan oleh mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pasir Pengaraian pada Jumat (12/01/2024) sukses meningkatkan pemahaman budaya bagi peserta. Webinar yang menghadirkan narasumber native speaker from Amerika dan MC yang dipandu  oleh Nia Ramadhani. Mahasiswa semester 7 prodi Bahasa inggris

Keynote speaker Mr. Matthew John Dina, native dari Amerika, memaparkan banyak perbedaan budaya Indonesia dan Amerika. Beliau menjelaskan ada budaya hangat seperti di Riau yang ramah dan budaya dingin yang lebih individualis. Guru di budaya dingin akan mengoreksi kesalahan bahasa, berbeda di budaya hangat yang lebih memaklumi.

“Budaya hangat mempertimbangkan perasaan orang lain, berbeda budaya dingin yang berfokus pada kebenaran. Berbagai perbedaan budaya antara Indonesia dan Amerika terkait gaya komunikasi, etika, kebiasaan makan, pandangan terhadap kejujuran, kemandirian, gaya belajar, dan agama,” jelasnya.

Disesi tanya jawab, mahasiswa aktif mengajukan pertanyaan terkait topik budaya Amerika, seperti pertanyaan Sindi Novitasari (12/01/2024), dimana Sindi bertanya tentang perbedaan utama gaya belajar di Amerika dan Indonesia.

“di Amerika menyontek itu adalah hal yang sama sekali tidak dibolehkan, berbeda dengan Indonesia, menyontek itu dianggap hal yang wajar,” Jawab Mr. Matthew.

Masih banyak lagi pertanyaan dari mahasiswa yang antusias terhadap webinar ini. Dengan antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan, webinar ini dinilai sangat interaktif dan memberi banyak manfaat bagi pemahaman lintas budaya mahasiswa. Diharapkan kegiatan serupa dapat rutin dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UPP.

Feni Mustika mahasiswa semester 3 mengatakan, Webinar ini sangat memberinya banyak pengetahuan tentang beberapa budaya dan perbedaan antara Indonesia dan Amerika. Begitu juga yang disampaikan Rosa Sagita Mahasiswa semester 5 bahwa kegiatan itu sangat menarik dan menambah wawasan sebagai mahasiswa.

Sementara itu, Pyoga Dina Kumbara dari semester 7 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan, dari webinar itu dia bisa belajar tentang cross culture understanding antar negara itu benar-benar sangat membuatnya feel so shock, dan bisa mempelajari langsung tentang amerika culture melalui matthew dan olivia yang sudah menjelaskan tentang perbedaan antara indonesia dan amerika, yang nantinya menjadi salah satu persiapan ketika akan pergi ke amerika.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru