Sabtu, 25 Mei 2024

Pentingnya Perencanaan Studi yang Matang Bagi Seorang Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN – Sebagai bentuk tanggung jawab utama, seorang mahasiswa seyogyanya harus menjalani proses perkuliahan dengan penuh keseriusan, agar lulus tepat waktu bisa diwujudkan. Rencana studi yang matang perlu disusun oleh setiap individu, sekaligus keniscayaan bagi seorang mahasiswa. Rencana studi menjadi tolak ukur, untuk mencapai sebuah target yang dicita-citakan.

“Lulus tepat waktu maupun di waktu yang tepat itu penting. Sebab jika terlambat, persaingan di dunia kerja makin sulit. Apalagi dunia sekarang cukup dinamis, dengan segala perubahan yang begitu cepat. Pintar saja tidak cukup, skill yang mumpuni saja juga tak cukup, karena untuk sukses juga butuh timing, atau dalam istilah yang lain disebut ketepatan momentum,” tutur Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd CPCT, Rabu (27/12/2023).

Hardianto juga menyampaikan, sejumlah sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di UPP sangat tersedia. Seperti unit UKM, organisasi hingga Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). UPP punya komitmen serius dalam menggalakkan program unggulan dari Kemendikbudristek. MBKM selain menggaransikan pengalaman, juga mendapatkan rekognisi 20 SKS.

“Kuliah di UPP mahasiswa bisa mengikuti MBKM. Misalnya magang di tempat pilihan. Selain menambah pengalaman dan meningkatkan soft skill, ini juga upaya kampus mempersiapkan lulusan yang siap kerja, juga siap membuka lapangan kerja, yang berdaya saing global,” ungkapnya.

Lebih jauh, Rektor menerangkan, kilas balik perjalanan UPP yang tumbuh sangat baik. Dimana dari tahun ketahun Universitas Pasir Pengaraian terus mendapatkan penghargaan atau prestasi. Baik itu mahasiswanya maupun para dosen di lingkungan kampus.

“Mahasiswa UPP tidak perlu minder. Karena kampus kita tidak kalah dari Perguruan Tinggi lainnya, terutama yang ada di Riau. UPP juga terus bekerja keras untuk melahirkan lulusan berjiwa technopreneur,” pungkas Rektor.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru