Rabu, 24 Juli 2024

Tingkatkan Kompetensi Bidang Iklim, Mahasiswa Faperta UPP Kuliah Lapangan di BMKG Riau

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 70 mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan Kuliah Lapangan ke BMKG Provinsi Riau.

Mahasiswa yang melakukan Kuliah lapangan itu pada Senin (11/12/2023) merupakan mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Agribisnis semester 3 yang sedang belajar mata kuliah Agroklimatologi di semester ini.

Dimana kuliah lapangan yang dilakukan mahasiswa Faperta UPP tersebut pertamanya melakukan kunjungan di BMKG Stasiun Klimatologi Riau yang terletak di Kabupaten Kampar. Pada kunjungan itu mahasiswa diberi bimbingan tentang pengoperasian alat-alat pengukur unsur cuaca seperti radiasi matahari, kelembaban udara, suhu udara, tekanan udara, serta angin dan awan.

Disini mahasiswa juga dapat mengetahui tabulasi data iklim mikro pada setiap sampel tanaman di Riau. Kunjungan kedua adalah BMKG Stasiun Meteorologi di Pekanbaru. Disini mahasiswa diajak untuk berkeliling melihat bagaimana cuaca di seluruh daerah di Riau diobservasi dan dianalisis.

Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah MSi ketika dihubungi media menyatakan, bahwa kegiatan kuliah lapangan BMKG Riau ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk menambah wawasan mahasiswa terkait cuaca dan iklim di Riau serta pemanfaatannya dalam bidang pertanian.

“Faperta UPP telah memiliki hubungan yang harmonis dengan BMKG Riau dan sudah banyak program dan kegiatan bersama yang dilakukan seperti Program Magang Mahasiswa, Praktisi Mengajar, dan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah Sekolah Lapang Iklim,” jelasnya.

“Kami berterima kasih dan sangat mengapresiasi BMKG Riau atas kolaborasinya selama ini. Semoga ini terus berlanjut dan kedepan ada peningkatan bentuk implementasi kerjasama menjadi lebih luas lagi,” tambah Lufita.

Diketahui, kegiatan mahasiswa tersebut dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah Agroklimatologi Lufita Nur Alfiah MSi yang juga merupakan Dekan Fakultas Pertanian UPP. Turut serta juga dalam kegiatan itu dosen-dosen Prodi Agribisnis dan Agroteknologi, Sischa Febriyani Yamesa Away STrP MAppSc, Dr Yuliana Susanti MSi dan Kusmiati MSi.

Rombongan disambut dengan hangat oleh Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Riau Ayi Sudrajat MSi dan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Riau Ramlan MSi. Dimana kegiatan ini merupakan akhir tugas beliau di Riau karena akan pindah tugas ke Provinsi lain.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru