Kamis, 23 Mei 2024

Kosabangsa RUN 5K, Rektor UPP lepas 564 Runner se Rohul

PASIRPENGARAIAN – Bertempat di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, pada Minggu (10/12/2023) sebanyak 564 pelari mengikuti lomba lari jarak 5.000 meter.

Kegiatan tersebut ditaja oleh Tim Kosabangsa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berkolaborasi dengan Pemuda Pokdarwis Remsi Jaya dan Pemuda Karang Taruna setempat. Lomba lari jarak 5.000 meter tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UPP Dr Hardianto MPd CPCT.

Sebanyak 564 pelari yang mengikuti lomba lari jarak 5.000 meter itu di terdiri dari kalangan siswa SLTP, SLTA, mahasiswa, masyarakat, pemuda dan berbagai kalangan instansi lainnya.

Dr Hardianto usai membuka kegiatan tersebut menyampaikan, dirinya sangat mendukung kegiatan itu yang ditaja oleh Tim Kosabangsa. Karena kegiatan seperti ini sangat memberi dampak positif bagi kesehatan masyarakat dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para Tim Kosabangsa yang terdiri dari para dosen UPP berkolaborasi dengan pemuda setempat serta instansi lainnya dan juga dengan masyarakat. Kami menilai kegiatan ini sangat positif bagi seluruh kalangan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ridwan sinurat MOr mengatakan, untuk peserta yang mengikuti lari jarak 5.000 meter ini harus berdomisili di Kabupaten Rokan Hulu yang dibuktikan dengan menunjukkan e-KTP.

“Pelari memang di batasi hanya masyarakat yang memiliki e-KTP Rokan Hulu untuk menggali potensi bakat pemuda pemudi Rokan hulu dalam nomor lari 5000 meter. Maka kami berinisiatif peserta dibatasi hanya berKTP Rokan Hulu,” tuturnya.

Dia lebih lanjut menjelaskan, kegiatan Kosabangsa RUN 5.000 meter ini merupakan bagian dari program kosabangsa yang di laksanakan oleh tim kosabangsa Universitas Pasir Pengaraian yang terdiri dari, Ridwan Sinurat MOr, Ahmad Fathoni MT IPP, dan Nurhikmah Sasna Junaidi MPd serta tim pendamping dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Dr Suyitno MPd, Dr Jeki, Dr Murry. Kegiatan ini juga di sponsori oleh DRTPM Kemenristekdikti.

“Event lomba lari ini kita konsep sebagai Sport tourism untuk mempromosikan desa wisata Sialang Jaya. Karena memang desa ini di anugerahi sumber daya alam yang sangat indah, puncak anabawa, danau sipogas, bukit sunset dan air terjun sipogas. Sembari berlari para Runner bisa menikmati keindahan wisata danau sipogas dan lanjut ke puncak anbawa,” ungkapnya.

Kades Sialang Jaya, Taufik Ahmadi didampingi Ketua Pokdarwis dan Ketua Karang Taruna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Pasir Pengaraian terutama tim pelaksana kosabangsa yang telah membantu dalam pengembangan desa wisata berbasis sport tourism ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Pasir Pengaraian terutama Tim Pelaksana dari Kosabangsa. Mudah-mudahan tahun depan tetap dilaksanakan lagi kegiatan event lomba lari ini,” harap Kades Sialang Jaya.

Adapun pemenang Lomba Lari Jarak 5.000 meter yang ditaja Tim Kosabangsa yaitu : Juara 1 Putra adalah Didik Sodikin asal Bangun Purba, Juara 2 Putra, Mustakim asal SMA 3 Rambah, dan Juara 3 Putra, Rayfan Al Haswad.

Sedangkan Juara 1 Putri atas nama Novi Puspita Dewi asal SMA 1 Kepenuhan, Juara 2 Putri atas nama Suci Hidayati Putri asal Kecamatan Kepenuhan, Juara 3 Putri atas nama Indri asal Kecamatan Rambah Hilir.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru