Sabtu, 25 Mei 2024

Prodi Kewirausahaan UPP Serius Mempersiapkan Segala Proses Menuju Akreditasi

PASIRPENGARAIAN – Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau sangat serius dalam mempersiapkan segala proses untuk menuju akreditasi.

Pada Jumat (08/12/2023) terlihat Ka Prodi dan seluruh dosen Kewirausahaan Fakultas Ekonomi UPP kompak dalam mempersiapkan segala proses menuju akreditasi pada tahun 2024 mendatang.

Ka Prodi Kewirausahaan UPP, Nofriser SSos MM menjelaskan, akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (Pendidikan Tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi serta sesuai kebutuhan kerja.

“Akreditasi ini bukanlah titik akhir dari suatu pekerjaan berat yang dipikul, melainkan proses berkelanjutan yang harus terus diterapkan di Prodi Kewirausahaan UPP. Oleh karena itu, untuk menuju akreditasi yang sangat baik tentu perlua banyak proses yang dilakukan atau dipersiapkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah untuk memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

“Selain itu, hasil dari akreditasi nantinya dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Nofriser mengakui, bahwa akreditasi ini sangat penting, karena mampu memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, dan bagi perguruan tinggi atau program studi yang bersangkutan.

“Maka dari itu, melalui akreditasi ini pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu Pogram Srudi Kewirausahaan dan tenaga kerja yang lulusa dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi. Selain itu pemerintah juga bisa mendapatkan informasi mengenai program studi untuk mementukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswa,” terangnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru