Minggu, 19 Mei 2024

BAZNas Bersama UPP Lakukan Pembinaan Kepada Mustahik tentang Kewirausahaan

PASIRPENGARAIAN – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berkerjasana dengan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melalui Fakultas Ekonomi (Fekon) dan Fakultas Hukum melakukan pembinaan serta pelatihan kepada mustahik zakat produktif tentang kewirausahaan.

Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kampus Universitas Pasir Pengaraian, Sabtu (18/11/2023) yang diikuti sebanyak 146 mustahik selaku usaha produktif.

Ketua BAZNas Rohul, H Baihaqi Adhdhuha Lc menyampaikan, pendampingan diberikan agar para mustahik bisa berdaya, berkembang menuju kemanfaatan, kemandirian. Sehingga akhirnya saudara-saudara kita ekonomi para mustahik akan lebih meningkat kehidupannya serta diarahkan mampu berubah statusnya menjadi wajib zakat alias muzaki.

“Paling tidak, mustahik yang baginya tidak punya usaha ataupun yang usahanya masih berskala mikro diharapkan bisa naik kelas menjadi skala kecil menengah bahkan besar dimasa yang akan dating,” jelasnya.

Ketua BAZNas Rohul itu berharap berharap para mustahik yang mengikuti pelatihan dan pembinaan itu dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dalam kewirausahaan sehingga nanti hasilnya semakin meningkat dan usahanya semakin berkembang.

“Sekarang ini mustahik dibantu oleh BAZNAS zakat. Mudah-mudahan setelah kita lakukan pembinaan ini, hendaknya saudara-saudara kita ini usahanya berkembang, mampu berinovasi, dan kreatifitas. Sehingga diharapkan di kemudian hari yang bersangkutan bisa menjadi muzaki,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UPP, Arrafi Qurrahman SE MM didampingi Dekan Fakultas Hukum UPP, Rise Karmilia SH MHum mengatakan, kerjasama Universitas Pasir Pengaraian dengan BAZNas Rokan Hulu meliputi kegiatan tranfer knowledge, serta pendampingan dan pemberdayaan usaha selama 6 bulan dengan jumlah mustahik sebanyak 146 yang memiliki usaha produktif.

“Untuk pelatihan dan pembinaan kepada para mustahik yang memiliki usaha produktif yang tercatat di BAZNas Rohul sudah kita mulai sejak Sabtu 18 November 2023 hingga sekarang,” jelasnya.

Dia berharap, melalui pembinaan kewirausahaan ini para mustahik yang memiliki usaha produktif bisa berjalan dengan baik dan usahanya semakin meningkat. Sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga para mustahik.

“Untuk pendampingan dan pembinaan ini kita dari UPP melibatkan beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan juga beberapa dosen dari Fakultas Hukum,” ujarnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru