Kamis, 23 Mei 2024

Kampus UPP-UMP Lakukan Pengabdian Kosabangsa di Desa Sialang Jaya

PASIRPENGARAIAN – Meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) bersama universitas Muhammadiyah Purworejo gelar Program kolaborasi sosial membangun masyarakat (kosabangsa) tahun 2023.

Tim pendamping dari universitas Muhammadiyah Purworejo, dan tim pelaksana dari Universitas Pasir Pengaraian, melaksanakan Pembangunan desa wisata puncak anabawa berbasis sport tourism, di Desa Sialang jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam pengembangan Wisata itu hadir Ketua tim Pendamping dari Universitas Muhammadiyah Purworejo Dr Suyitno MPd, di dampingi Dr Murry Harmawan Saputra, Dr Jeki Mediantari Wahyu w SPt Meng Msi. Sedangkan Ketua tim pelaksana dari Universitas Pasir Pengaraian (UPP)  Ridwan Sinurat MOr,  Ahmad Fathoni MT dan Nurhikmah Sasna Junaidi MPd Kepala Desa Sialang Jaya Taufik Ahmadi, Ketua Pokdarwis resmi jaya Rahmad Saputra Daulay.

Dalam kesempatan itu tim pendamping dari Universitas Muhammadiyah Purworejo dan Universitas Pasir Pengaraian serahkan bantuan berupa sel Surya, dari DRTPM Kemenristek Dikti. Bantuan barang atau aset ini merupakan upaya untuk pemantik atau stimus agar Pokdarwis Remsi jaya dan karang taruna mandiri dalam pengembangan wisata di desa Sialang jaya.

Ketua Pokdarwis Resmi Jaya Rahmat Saputra Daulay Minggu (21/10/2023) mengatakan, dengan hadirnya kosabangsa ini Alhamdulillah pokok permasalahan kita teratasi, pertama dulu kita terkendala dalam penerangan.

“Alhamdulillah dengan adanya program kosabangsa ini penerangan teratasi, kemudian dalam program ini juga adanya  bantuan toilet sederhana untuk wisatawan yang berkunjung di puncak anabawa, kendala kami  saat ini adalah manajemen pengelolaan yang  membutuhkan SDM dalam pengembangan desa wisata yang,” kata Rahmad.

Ketua tim pelaksana dari Universitas Pasir Pengaraian Ridwan Sinurat mengatakan, puncak anabawa ini potensi untuk di kembangkan karna mempunyai alam yang indah merupakan karunia dari Tuhan yang maha esa sehingga wisata ini bisa di kembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik dan banyak di kunjungi masyarakat Rokan Hulu bahkan provinsi Riau.

Sementara itu ketua tim pendamping kosabangsa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto Suyitno mengatakan, Rokan Hulu sangat banyak wisata alamnya dan sudah terbentuk serta alami. “dan kedepannya masyarakat desa Sialang jaya bisa mempertahankan alami nya puncak anabawa, karna saat ini banyak para penggemar wisata mencari udara yang alami,” terang Suyitno.

Kepala desa Sialang jaya Taufik Ahmadi mengatakan, sebagai pemerintahan desa Sialang jaya mengucapkan terimakasih tim kosabangsa tahun 2023, dimana sebagai penerima bantuan dari kosabangsa tahun 2023.

“Kami akan berperan aktif untuk peningkatan pengembangan wisata yang ada di desa Sialang Jaya,” tutup Taufik.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru