Sabtu, 25 Mei 2024

Peduli Terhadap Lingkungan dan Masyarakat, Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPP Lakukan Kemah Bakti

PASIRBARU – Mahasiswa Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan Kemah Bakti di Desa Pasir Baru, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Jumat (06/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Kemah bakti Mahasiswa Fekon UPP tersebut mengusung tema “Membangun Silaturrahmi Generasi Muda, agar Terbentuknya Karakter yang Peduli Terhadap Masyarakat dan Lingkungan” serta dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Pasir Baru, Agus Sugeng Riadi.

Hadir pada pembukaan Kemah Bakti Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPP itu, Kades Pasir Baru, Agus Sugeng Riadi, Ketua Karang taruna Desa Pasir Baru, Purwanto, Dekan Fekon, Arrafiqur Rahman MM, Pembina Kemahasiswaan Fekon, Andi Lesmana MM, Dosen Fekon UPP, Nofriser MM, Dr Hendri Kurniawan MM, Arma Yuliza MSi Ak, para pemuda Desa Pasir Baru, dan ratusan mahasiswa Fekon UPP.

Dekan Fekon, Arrafiqur Rahman MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa telah mensupport berkegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa di Desa Pasir Baru ini. Dia mengatakan, kemah bakti ini mayoritasnya iikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan bagian dari kegiatan kampus. Kami kemarin sudah menyampaikan melalui pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fekon (BEM) UPP ederan kepada orangtua mahasiswa mengineai kegiatan ini,” terangnya.

Dijelaskannya, kegiatan kampus itu tidak hanya sekedar menimba ilmu di lingkungan kampus saja tetapi juga ada kegiatan-kegiatan lainnya yang berasaskan dari Tri Dharma perguruan tinggi yang berada di luar lingkungan kampus.

“Salah satu penerapan dari Tri Dharma itu sendiri adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat, seperti yang kita laksanakan saat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat adalah bagian dari kegiatan kampus untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat. Salah satu contoh dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah kemah bakti,” tuturnya.

Arrafiq berharap kepada Pemerintah Desa Pasir Baru, selama kemah bakti mahasiswa ini dilakukan mohon tunjuk ajarnya. Kami pikir ini juga bagian dari kegiatan mahasiswa Fekon UPP nantinya untuk berafiliasi dan bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Kami juga berharap kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kemah bakti ini dengan baik dan ikhlas serta tetap jaga kesehatan dan jaga nama baik diri sendiri juga nama baik kampus,” harapnya.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian menjelaskan, materi yang diberikan pada kemah bakti ini berupa Training Organisasi Pemuda meliputi materi Analisis potensi desa untuk usaha organisasi pemuda, Peranan akuntansi dalam usaha organisasi pemuda, dan Inspirasi ide bisnis usaha organisasi pemuda.

Kades Pasir Baru, Agus Sugeng Riadi menuturkan ribuan terima kasih kepada Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian yang telah memilih Desa Pasir Baru tempat kegiatan bakti sosial mahasiswa Fekon UPP pada ini. Tentunya Pemdes mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila di dalam menyambut dan juga memberikan fasilitas yang kurang berkenan.

“Kami selaku Pemerintah Desa menyampaikan apabila fasilitas yang kami sediakan masih kurang, harapan kami bisa dikoordinasi dengan kami apa kekurangannya, tentunya kami nanti akan memfasilitasi lebih lanjut,” paparnya.

Agus mengatakan, bahwa Pemerintah Desa Pasir Baru sudah berkoordasi dengan masyarakat pemuda dan lainnya terkait beberapa kegiatan pada kemah bakti tersebut untuk dapat mengikutinya dan berkolaborasi dengan mahasiswa Fekon UPP.

“Mudah-mudahan dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat Desa Pasir Baru tentunya mampu memberikan perubahan yang lebih baik lagi di masa akan dating,” harapnya.

Gubernur Fekon UPP, Muhammad Rafi menjelaskan, adapun rangkain kemah bakti mahasiswa Fekon UPP diantaranya, bakti social, training organisasi pemuda, dan masih ada kegiatan-kegiatan lainnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa sebagai panitia yang telah menyiapkan seluruh persiapan dalam melaksanakan kegiatan kemah bakti di Desa Pasir Baru ini,” ucapnya.

Rafi juga berharap kepada panitia pelaksana untuk dapat melakukan persiapan matang seluruh rangkaian kegiatan selama kemah bakti ini berlangsung.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru