Minggu, 19 Mei 2024

Tujuh Mahasiswa Prodi Kewirausahaan UPP Ikuti Program Magang MBKM

PASIRPENGARAIAN – Berjumlah tujuh mahasiswa Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berhasil lolos Program Magang MBKM tahun 2023. Dimana tujuh mahasiswa tersebut akan melaksanakan magang di kampus yang berbeda.

Dari tujuh mahasiswa Prodi Kewirausahaan UPP yang akan melaksanakan Program Magang MBKM tersebut 4 diantaranya melaksanakan Program Magang MBKM di Kota Medan, Sumatera Utara, sedangkan 3 mahasiswa lainnya akan melaksanakan Program Magang MBKM di Kota Padang, Sumatera Barat.

Ka Prodi Kewirausahaan UPP, Nofriser SSos MM, Jumat (08/09/2023) kepada Riauposting.net menjelaskan, magang MBKM adalah Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA) yang dilaksanakan selama 1 semester (setara 20 SKS).

“Melalui Magang mahasiswa memperoleh hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dan sebagainya),” tuturnya.

Dijelaskannya, BKP Magang secara umum dibagi menjadi dua. Magang jenis pertama adalah magang yang ditawarkan atau diinisiasi oleh pihak di luar UPP (Kemendikbud atau Kementerian lain, dan atau industri atau dunia kerja). Proses rekruitmen, penetapan tempat magang, proses magang, dan pembiayaan ditetapkan oleh oleh pihak-pihak tersebut.

“Sedangkan jenis magang kedua adalah yang diinisiasi oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengikuti standar isi, proses, dan penilaian yang telah ditetapkan oleh UPP. Panduan ini berlaku untuk kegiatan BKP Magang jenis ke dua, yaitu yang diinisiasi oleh mahasiswa dengan mengikuti kebijakan BKP Magang UPP dan bukan BKP Magang yang diinisiasi oleh lembaga di luar UM.

Nofriser menambahkan, adapun manfaat magang bagi Mahasiswa adalah sebagai sarana mengaplikasikan ilmu di dalam kelas perkuliahan ke dunia kerja untuk melatih keterampilan mahasiswa sesuai bidang ilmu melalui pengalaman riil yang diperoleh selama proses Program Magang/Praktik Kerja.

“Kemudian sebagai sarana mempelajari proses industri dan praktik dunia kerja mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pada unit-unit kerja dengan mengembangkan wawasan berpikir keilmuan kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

“Melatih kemampuan adaptasi mahasiswa dengan budaya kerja dan interaksi dengan semua unsur dan pihak, mulai dari unsur pimpinan, pegawai/karyawan hingga masyarakat dan customer lembaga/industry tempat Program Magang/Praktik Kerja. Dan sarana memperoleh bahan tugas akhir dan menyelesaikan SKS mata kuliah,” tambahnya.

Nofriser berpesan, bahwa mahasiswa harus menjalankan kegiatan magang dengan baik agar bisa merasakan manfaatnya. “Dengan usaha yang maksimal, kalian nanti dapat menikmati hasilnya seperti membangun jejaring yang semakin kuat, memberikan jejak yang baik, dan memperkuat Prodi Kewirausahaan serta nama baik UPP,” ungkapnya.

Adapun empat mahasiswa Prodi Kewirausahaan yang akan mengikuti Program Magang Kampus Merdeka yaitu, Julita Dewi, Melly Alfianingsih, Nanda Rahmadi Pratama, Aditya Pratama, Fajar Ilhami, Silfiyah, dan Hermansyah.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru