Senin, 20 Mei 2024

Tim PKM UPP Lakukan Pelatihan Pembuatan Filter Air Bersih Sederhana Skala Rumah Tangga di Rambah Hilir

PASIRPENGARAIAN – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan untuk menjaga kesehatan masyarakat, Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) bersama masyarakat lakukan Pembuatan Filter Air Bersih Sederhana Skala Rumah Tangga di Dusun Kulim Jaya, Desa Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

Tim PKM UPP tersebut terdiri dari Ika Daruwati SPd MSc (dosen Prodi Fisika), Saiful Anwar MT (dosen Prodi Teknik mesin), dan Sischa Febriani Yamesa Away STrP MAppSc (dosen Prodi Agribisnis).

Pelatihan Pembuatan Filter Air Bersih Sederhana Skala Rumah Tangga di Dusun Kulim Jaya itu diikuti oleh warga masyarakat Dusun Kulim Jaya yang begitu sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, termasuk Kepala Desa, Kepala Dewan Perwakilan Daerah, Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), perangkat desa, serta warga sekitar.

Sischa Febriani Yamesa Away, Kamis (07/09/2023) kepada Riauposting.net mengatakan, pengabdian kepada masyarakat skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan ruang lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat bekerja sama dengan kemdikbud ristekdikti yang dipimpin oleh tim berpengalaman dari Universitas Pasir Pengaraian.

“Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini mendapatkan dukungan Hibah Kemenristek dikti 2023, yang membuatnya semakin berarti,” tuturnya.

Dijelaskannya, pelatihan itu dilakukan melihat kondisi air baku yang digunakan masyarakat tergolong keruh, berminyak dan bau. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, memasak dan mencuci masyarakat Dusun Kulim Jaya menggunakan air baku yang keruh yang tentunya akan berdampak pada Kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Berdasarkan kondisi tersebut maka Tim PKM UPP melakukan Pelatihan pembuatan alat filter tersebut, agar masyarakat Dusun Kulim Jaya dapat mengelola atau menduplikat alat filter demi memperoleh air bersih sehingga mampu meningkatkan Kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Sischa menambahkan, salah satu momen yang paling mencolok dalam kegiatan ini adalah pembuatan filter air bersih sederhana skala rumah tangga. Filter air ini tidak hanya menjadi alat praktis, tetapi juga sebuah solusi untuk meningkatkan akses warga Dusun Kulim Jaya terhadap air bersih yang aman dan sehat.

“Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan filter ini meliputi ijuk, pasir silika, zeolit, karbon aktif, dan batu kerikil, dengan setiap media filter dibatasi dengan ijuk agar memperoleh hasil yang maksimal,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rambah Hilir Ridho Seputra ST mengatakan, Program pengabdian ini sangat membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan mendapatkan air bersih demi kelangsungan hidup sehari-hari.

“Kami selaku pemerintah mengucapkan terimakasih kepada Tim PKM UPP. Kami melihat selama kegiatan itu berlangsung terlihat semangat yang tulus terpancar dari semua peserta, menciptakan atmosfer yang hangat dan penuh kebersamaan,” paparnya.

Diketahui, puncak dari kegiatan tersebut adalah saat Ketua Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) menyerahkan filter air bersih sederhana ini secara simbolis kepada Kepala Desa. Filter air bersih ini akan segera didistribusikan kepada masyarakat Dusun Kulim Jaya, sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kualitas air yang mereka konsumsi sehari-hari.

Pada kesempatan itu, terlihat Tim PKM UPP melakukan serah terima filter air bersih disertai dengan harapan besar untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Kepala Desa dengan tulus berkomitmen untuk memastikan penggunaan filter air bersih ini diawasi dengan baik dan digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat setempat.

Kemudian, peserta juga berbagi harapan yang sama, yaitu bahwa kegiatan ini akan menjadi awal yang baik dalam meningkatkan kualitas hidup, terutama dalam hal akses yang lebih mudah untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sehat.

 

Teks foto :

1. Kegiatan PKM Pembuatan Filter Air Bersih Sederhana Skala Rumah Tangga.

 

2. Simbolis serah terima aset barang Bersama kades dusun kulim jaya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru