Senin, 20 Mei 2024

Guru dan Siswa SMK Zaidar Yahya Antusias Ikuti Pelatihan Pengolahan Bika dari Tim PKM UPP

PASIRPENGARAIAN – Puluhan siswa SMK Zaidar Yahya sangat antusias mengikuti Pelatihan Pengolahan Biji Kakao (Bika) yang ditaja oleh Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Tidak hanya siswa saja, Pelatihan Pengolahan Bika yang digelar oleh Tim PKM UPP tersebut juga diikuti oleh majelis Guru SMK Zaidar Yahya dengan sangat antusias.

Ketua Tim PKM UPP, Dr Eti Meirina Brahmana MSi, Rabu (06/09/2023) kepada Riauposting.net mengatakan, Pelatihan Pengolahan Bika (Biji Kakao) ini dilaksanakan dua kali pelatihan dan tiga kali Pelatihan secara Pendampingan.

“Pelatihan pertama dilaksanakan pada Senin 28 Agustus 2023 dengan narasumber Al Muzafri STP MSi yang dikoordinatori oleh Jismi Mubarrak Msi selaku Anggota Tim PKM UPP. Dimana pada pelatihan pertama itu kami mengusung tema “Pelatihan Pengolahan Bika (Biji Kakao)”. Sedangkan pelatihan kedua dilaksanakan pada Rabu 06 September 2023 dengan narasumber Triyani Capeg Hadmandho SKM MBA yang dikoordinatori oleh Dahlia MPd yang juga merupakan anggota Tim PKM UPP,” paparnya.

Lanjutnya, dimana pelatihan kedua itu mengusung tema “Seminar Motivasi Menjadi Seorang Entrepreneur”. Sedangkan Pelatihan dan Pendampingan pertama dilakukan pada Selasa 29 Agustus 2023 yaitu dengan pengadaan fasilitas sederhana dan pelatihan pengolahan biji kakao.

“Pelatihan dan pendampingan ke dua dilakukan pada Rabu 30 Agustus 2023 yaitu pelatihan teknologi pengolahan (bika) biji kakao menjadi olahan coklat. Terakhir, pelatihan dan pendampingan ke tiga dilakukan pada Selasa 05 September 2023 yaitu pelatihan teknologi pengolahan bika (biji kakao) menjadi olahan coklat seperti Milk Chocolate dan Dark Chocolate,” ungkap Eti.

Dosen Prodi Biologi di Universitas Pasir Pengaraian itu menambahkan, tujuan dilakukannya pelatihan itu sebagai upaya untuk memotivasi jiwa Entrepreneur guru dan siswa-siswa SMK Zaidar Yahya serta meningkatkan nilai jual Biji Kakao dimana dimulai dari hulu ke hilir hingga menjadi produk olahan coklat berupa Milk Chocolate dan Dark Chocolate.

Lanjutnya, pelatihan itu adalah salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu rangkaian hibah dari DRTPM Kemdikbutristek tahun pelaksanaan 2023. Kecanggihan teknologi harus dimanfaatkan peluangnya untuk mengembangkan nilai jual biji kakao dan meningkatkan jiwa Entrepreneur.

“Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat pada saat pelatihan peserta aktif dalam diskusi. Bapak Jismi Mubarrak MSi dan Ibu Dahlia MPd sebagai anggota Tim PKM juga menambahkan, hasil pelatihan ini nantinya akan menjadi salah satu usaha yang bisa dikembangkan oleh guru dan siswa-siswi SMK Zaidar Yahya,” terangnya.

Dr Eti Meirina Brahmana MSi berharap, dengan dilaksanakannya pengolahan biji kakao dan seminar motivasi untuk meningkatkan jiwa Entrepreneur dapat menjadikan salah satu pilihan yang sangat baik untuk di inovasikan oleh guru dan siswa-siswi jurusan Tata Boga di SMK Zaidar Yahya, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Sementara itu, Kepala SMK Zaidar Yahya melalui Oren Dewi Sartika SPd mengatakan, pelatihan pengolahan Bika sangat membantu majelis Guru dan Siswa-Siswi, khususnya Sekolah yang mendapatkan bantuan barang teknologi sederhana pengolahan biji kakao.

“Kami dari pihak sekolah sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemdikbutristek dan Universitas Pasir Pengaraian yang sudah melakukan pelatihan pengolahan biji kakao di SMK Zaidar Yahya,” tuturnya.

Al Muzafri STP Msi selaku salah satu narasumber pada pelatihan tersebut menerangkan, pelatihan pengolahan biji kakao ini merupakan kesempatan yang sangat baik, karena membuka peluang emas dalam pengolahan biji kakao dari hulu ke hilir. Sehingga akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Selama ini biji kakao hanya dikeringkan saja dan langsung menjualnya dengan harga murah, sedangkan dengan pelatihan ini diperoleh ilmu bahwa dengan memfermentasikan biji kakao maka nilai jual biji kakao akan semakin tinggi dan dapat langsung digunakan untuk bahan dasar pembuatan Milk Chocolate dan Dark Chocolate,” terangnya.

Tim PKM juga mengucapan terima kasih kepada Universitas Pasir Pengaraian sebagai intitusi dan juga kepada Kemdikbudristek atas hibah Dana PkM Tahun 2023.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru