Sabtu, 25 Mei 2024

Tim PKM UPP Gelar Penyuluhan bagi Kelompok Pengrajin Gula Aren di Desa Rambah Tengah Hulu

PASIRPENGARAIAN – Melalui Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Peningkatan Teknologi dan Manajemen Produksi dari Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Senin 04 September 2023 menggelar acara penyuluhan yang sangat berarti bagi Kelompok Pengrajin Gula Aren yang berlokasi di Aula Kantor Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Hadir pada kegiatan tersebut, 14 peserta dari kelompok pengrajin gula aren setempat, perangkat desa dan tim pelaksana yang terdiri dari Ketua Dr Nurrahmawati MPd, Anggota Dr Hendry Kurniawan MM dan Dr Defidelwina MSc, serta tiga mahasiswa UPP.

Kades Rambah Tengah Hulu, Addis saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, bahwa penyuluhan yang ditaja oleh Tim PKM UPP sangat memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha gula aren bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim PKM UPP Dr Nurrahmawati MPd mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas kepada para pengrajin tentang manajemen produksi, teknologi terkini dan pencatatan keuangan yang efisien.

“Dimana kegiatan itu didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2023. Selain itu, Kegiatan tersebut tidak hanya dalam bentuk penyuluhan akan tetapi juga pendampingan serta pemberian peralatan berupa tungku dan Alat untuk mencetak gula aren,” ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut Nurrahmawati juga menjelaskan, bahwa tujuan utama dari kegiatan itu adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengrajin dalam mengelola produksi gula aren secara lebih efektif.

“Lebih lanjut, tujuan lainnya adalah untuk mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara anggota kelompok. Semangat kolaborasi dan pembelajaran bersama diharapkan akan terus tumbuh di komunitas ini, membantu masyarakat menghadapi masa depan usaha gula aren dengan lebih percaya diri dan kompeten,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dr Defidelwina MSc ketika presentasi dari yang memberikan penyuluhan menyampaikan, bahwa pentingnya kerja sama dalam suatu usaha dan membahas penerapan teknologi terbaru dalam produksi gula aren.

“Perawatan yang diperlukan oleh kelompok pengrajin gula aren agar dapat menjaga peralatan teknologi tetap berkinerja secara maksimal,” paparnya.

Dr Hendry Kurniawan MM memaparkan, bahwa panduan praktis tentang cara merencanakan produksi secara efisien dan mengelola keuangan dengan bijak, sekaligus menjaga pencatatan yang akurat dan teratur sangat diketahui.

Diketahui, para pengrajin gula aren di Desa Rambah Tengah Hulu menyambut baik dan sangat bersemangat untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam upaya meningkatkan kualitas dan produktivitas produksi gula aren.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru