Rabu, 24 Juli 2024

HUT RI ke – 78, Bupati Rohul Ajak Generasi Muda Isi Kemerdekaan dengan Pembangunan dan Tanamkan Wawasan Kebangsaan

PASIRPENGARAIAN – Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang dipusatkan di Kantor Bupati Rohul, Kamis 17 Agustus 2023, berlangsung khidmat dan lancar.

Dalam pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 78 ini, Bupati Rohul H. Sukiman bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Meski hujan rintik-rintik, namun tidak mengurangi semangat Zulayka Rahma Siregar sebagai Pembawa Baki Pengibaran (Penjemput Bendera) dan Kawan-Kawan dalam melaksanakan tugas yang mulia mengibarkan bendera merah putih.

Sementara, yang bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Arh Kharidon Sitio (Danramil 14/Kepenuhan), Kemudian Komandan Upacara Kapten Inf Lilik Haryono (Danramil 11/Tambusai). Tepat Pukul 10.15 Wib, suara Sirine pertanda dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dilanjutkan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra ST M.Si membacakan naskah Proklamasi. Suara Derap langkah sang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih pun mulai memasuki lapangan Upacara.

Penaikan bendera Merah Putih, sebagai Komandan Kompi Lettu Boby Adriyas, Pengapit Kanan Pengambil Bendera Serda Frido Sigalingging. Sementara Pasukan 8 sebagai Pembawa Baki Pengibaran Zulayka Rahma Siregar,

Kemudian, Pengapit Kiri Pengambil Bendera Bripda Muhammad Rafi Randa, Pengibar Bendera (Pembentang Bendera) Ahmad Alfarizi, Pengibar Bendera (Pemberi Aba-Aba) Lutfi Aulia Dewi Agnes, Pengibar Bendera (Penarik Tali) Alvin Zafri, yang telah melaksanakan tugas yang mulia ini dengan baik, sehingga bendera Merah Putih berkibar di langit Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Pasukan Paskibraka Rohul yang telah melaksanakan tugas yang mulia ini dengan baik. Ia juga mengajak kepada generasi muda dan penerus bangsa untuk memaknai kemerdekaan dengan rela berkorban dan tanamkan wawasan kebangsaan.

“Pada hari ini kita merayakan atau memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 78, tentunya 78 tahun yang lalu para Pendiri bangsa itu telah mengorbankan jiwa, raga dan hartanya sekeluarganya dalam rangka mencapai kemerdekaan,” ujarnya

“Hari ini setelah 78 tahun, bagi generasi muda dan penerus generasi bangsa ini kita berharap memaknai arti perjuangan yang rela berkorban, sekarang generasi penerus tidak perlu mengorbankan jiwa, tapi perlu pengabdian yang ikhlas demi untuk kemajuan daerah,” harap Sukiman

Oleh karena itu, Lanjut Sukiman, Ia berharap kepada generasi muda untuk memaknai perlunya wawasan kebangsaan, Negara ini berdiri sejak dulu atas perjuangan pahlawan yang berjuang tanpa membedakan suku bahasa dan agama, meski beraneka ragam, tetapi satu tujuan yaitu Merdeka.

“Kita harus tumbuh kembangkan semangat kebangsaan keanekaragaman yaitu Bhineka tunggal Ika,” kata Sukiman

Sesuai tema HUT RI Ke 78 Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Bupati Sukiman memaknai tema tersebut bisa diimplementasi untuk Rokan Hulu terus melaju dalam hal pembangunan. Terutama kepada Generasi Muda untuk mengambil hikmah terbaik untuk ditiru demi kemajuan Rokan Hulu Maju.

“Perlunya pengabdian yang didasari kerelaan, saya juga pernah ikut berjuang dalam merebut Timor Timur, merebut itu bukan berarti tidak memerlukan keberanian, pengabdian dan keikhlasan, banyak yang gugur dalam melaksanakan tugas,”

“Sekarang waktunya mengisi kemerdekaan penuh kebersamaan, jangan ada lagi membedakan suku bahasa agama kita bersaudara sebangsa dan setanah air. Membangun itu bukan hanya fisik saja, tetapi membangun moral lebih penting, serta membangun akhlak dan kepribadian yang baik,” ungkapnya

Diakhir Kegiatan, Bupati Sukiman dan Wabup Rohul H. Indra Gunawan bersama Forkopimda menyerahkan Tali Asih kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan asal Rohul kepada Bapak Djabal, Penghargaan kepada Instansi Pemerintahan dan Swasta.

Serta Bupati Sukiman juga resmi melaunching Aplikasi Simentel (Sistem Informasi Menara Telekomunikasi), Aplikasi Sikepo (Sistem Informasi Kehadiran Pegawai OPD), Sipormat (Sistem Informasi dan Pelaporan Kecamatan Terintegrasi serta Sertifikasi Elektronik / Tanda Tangan Elektronik, yang dikembangkan oleh Diskominfo, dibawah Kepemimpinan Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos dan Kabid IKP Diskominfo Rohul Rudy Fadrial S.Sos M.Si bersama Bagian Tapem Setda Rohul. (AdvDiskominfoRohul)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru