Minggu, 19 Mei 2024

Lepas 22 Mahasiswa, Rektor UPP : Beradaptasilah Tanpa Mengurangi Nilai-nilai Kemelayuan

PASIRPENGARAIAN – Berjumlah 22 Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau secara resmi telah dilakukan pelepasan untuk mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 tahun 2023.

Pelepasan mahasiswa tersebut di lepas secara resmi oleh Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT di ruang pimpinan UPP pada Kamis (27/07/2023) pagi yang dihadiri Kepala LPPP UPP, Kabid MBKM, serta Koordinator PMM UPP.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT kepada Riauposting.net berpesan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti seluruh program PMM 3 tahun 2023 ini dengan baik dan tingkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan setinggi-tingginya.

“Kami berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti PMM 3 tahun 2023 ini tetaplah beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa menghilangkan nilai-nilai kemelayuan dan harus memiliki komitmen yang kuat untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan belajar di kampus lain,” pesan Rektor UPP.

Dia menambahkan, tujuan dari mengikuti PMM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa pada keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan (sara) serta semangat persatuan.

“Sebagai salah satu program inisiasi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, PMM merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang akan mengajak para mahasiswa penerus bangsa, untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Melalui program ini, lanjut Rektor UPP, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS. Mahasiswa juga dapat merasakan secara langsung keberagaman budaya nusantara, baik secara tertulis maupun praktik.

“Diharapkan dengan mengikuti program PMM, mahasiswa dapat memperoleh kesempatan dalam berbagai hal diantaranya mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, belajar di kampus lain di Indonesia sekaligus mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa,” harapnya.

Selain itu, mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebhinekaan yang dialami menjadi bagian dari sudut pandang dalam memahami kondisi riil yang mahasiswa temui sehari-hari.

Dijelaskan, PMM Angkatan 3 tahun 2023 ini diikuti oleh 22 mahasiswa yang tersebar dari berbagai Program Studi yang ada di UPP diantaranya; Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Manajemen, Sistem Informasi, Akutansi dan Pendidikan Biologi.

Dalam penyelenggaraan program ini, mahasiswa akan belajar di kampus-kampus yang ada di Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua.

Sebanyak 22 mahasiswa UPP yang mengikuti PMM 3 tersebar di beberapa perguruan tinggi dalam negeri diantaranya, di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Djuanda Bogor, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Pattimura Maluku, Universitas Dipa Makassar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Universitas Padjajaran, Universitas Merdeka Malang, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Esa Unggul, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Saranjana Tamansiswa, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Tribuana Tunggadewi Malang dan Universitas Airlangga.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru