Kamis, 23 Mei 2024

Diikuti Puluhan Pengelola Perpustakaan Sekolah, Dispussip Rohul Gelar Bimtek

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua hari di Hotel Gelora Pasir Pengaraian.

Dimana Bimtek itu diikuti oleh puluhan perwakilan dari pengelola perpustakaan sekolah tingkat SLTP dan SLTA sederajat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu selama dua hari terhitung sejak 25-26 Juli 2023.

Kepala Dispussip Rohul, Ir H Ruslan MSi kepada Riauposting.net, Rabu (26/07/2023) mengatakan, bimtek itu dilaksanakan berdasarkan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan undang-undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, yang mana perpustakaan itu sebagai wahana tempat atau sarana belajar sepanjang hayat dalam pengembangan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dengan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan Pendidikan Nasional.

“Kita tahu bahwa perpustakaan itu berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar pusat informasi tempat penelitian pusat membaca yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan dan tempat rekreasi yang perlu secara terus-menerus dibina dan dikembangkan di perpustakaan sekolah serta di perpustakaan-perpustakaan lainnya yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” tuturnya.

Ruslan mengakui, Dispussip Rokan Hulu sengaja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya berupa melaksanakan bimbingan teknis bagi pengelola atau petugas perpustakaan sekolah sesuai dengan undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan dan peraturan Bupati Rokan Hulu nomor 73 tahun 2021 tentang kedudukan susunan organisasi tugas pokok dan fungsi serta tata kerja Dinas perpustakaan dan arsip Kabupaten Hulu.

“Maka begitu pentingnya peran dan fungsi sebuah perpustakaan dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga dirasa perlu adanya kebijakan berupa pembinaan dan pengembangan bagi petugas atau pengelola perpustakaan di perpustakaan sekolah,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, sesuai dengan undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 pada pasal 1 poin 1 menyatakan bahwa perpustakaan itu merupakan institusi pengelola yang mengelola koleksi berupa karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku, guna memenuhi kebutuhan pendidikan penelitian pelestarian informasi dan rekreasi pemustaka.

“Pada undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 pasal 1 ayat 6 menyatakan bahwa perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur jenis kelamin suku ras agama dan status sosial ekonomi,” ujarnya.

Maka dari itu, Dia berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik dari awal hingga akhir sehingga selepasnya dari bimbingan teknis ini peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat di tempat tugasnya masing-masing dalam mengelola perpustakaan sekolah yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus kedepannya.

“Tujuan dari kegiatan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan kemampuan bagi petugas atau pengelola perpustakaan sekolah dan sumber daya manusia perpustakaan yang berkualitas serta handal dalam mengelola perpustakaan sekolah sesuai dengan ilmu perpustakaan serta juga meningkatkan indeks literasi pembudayaan gemar membaca di lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi melaporkan, peserta yang mengikuti bimtek tersebut merupakan perwakilan dari SMPN tahfidz Madani Pasir Pengaraian, SMP Muhammadiyah Rambah, SMPN 1 Kepenuhan, SMPN 2 Rokan 4 Koto, SMPN 1 Ujungbatu, SMPN 2 Ujungbatu, SMPN 5 Rokan 4 Koto, SMPN 3 Kepunahan Hulu.

SMPN 2 Tandun, SMPN 4 Ujungbatu, SMPN 3 Ujungbatu, SMPN 5 Ujungbatu, MTsN 2 Ujungbatu, MTS YLPI Lubuk Bendahara, MTS Bangun Purba, MAS Kepenuhan, SMAN 2 Rambah Hilir, SMAN 1 Kepenuhan Hulu, SMKN 1 Tambusai Utara, SMKN 1 Kabun, SMPN 3 Kepenuhan Hulu, SDN 001 Kepenuhan, SMPN 1 Kabun, SMPN 1 Pagarantapah, SMAN 3 Tambusai Utara, SMPN 5 Tandun SMAN 1 Rambah, SMK Zaidar Rambah, SMPN 1 Bonai Darussalam, dan SMP LPMD Rambah.

“Sedangkan sebagai pemateri pada Bimtek ini sengaja kita hadirkan pemateri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Wardoyo SSos MSi yang merupakan pustakawan ahli madya Riau dan Djoko Nugroho Amd pustakawan ahli muda di Persib Riau dan dua narasumber kita dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu yaitu Sumardi SS MSi Kabid Pengembangan dan Pembinaan serta Alpison SIP MM fungsional pustakawan ahli muda di Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu atau asesor nasional di bidang perpustakaan dari provinsi Riau,” terangnya.

Sedangkan metode yang dilakukan pada bimtek kali ini, dengan metode pengajaran kegiatan Bimtek ini berupa pemaparan materi oleh narasumber dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber.

Hadir pada pembukaan Bimtek yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul tersebut yaitu, Kepala Dispussip Rohul, Ir H Ruslan MSi, Sekretaris Dispussip Rohul, Nelli SS, Ketua Atpusi Rohul, Elia Rita SPd, dan para peserta Bimtek serta undangan lainnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru