Kamis, 23 Mei 2024

Mempelajari Ilmu Biologi Sangat Banyak Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

PASIRPENGARAIAN – Pada dasarnya, dalam setiap ilmu yang kita pelajari, pasti ada manfaat yang dapat diperoleh, termasuk mempelajari ilmu Pendidikan Biologi. Ternyata, ilmu biologi punya banyak manfaat dalam berbagai bidang di kehidupan manusia, mulai dari bidang pertanian, kedokteran, industri, bahkan sampai nuklir.

Astiani seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Selasa (25/07/2023) mengatakan, mempelajari ilmu biologi sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Salah satunya dibidang Peternakan, dimana pada bidang peternakan ilmu Biologi digunakan untuk memproduksi bibit unggul dengan hibridisasi untuk hewan ternak. Hibridisasi sendiri adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh organisme baru yang unggul dengan cara mengawinkan dua organisme berbeda varietas.

“Kemudian manfaat mempelajari ilmu biologi lainnya yaitu di bidang lingkungan. Dimana bidang ini, peranan Biologi sangat bermanfaat untuk memberi pemahaman kepada kita akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar,” tuturnya.

Astiani Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pasir Pengaraian
Astiani Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pasir Pengaraian

Dia menambahkan, sedang di bidang industry, ilmu Biologi banyak sekali digunakan terutama dalam bidang industri makanan dan obat. Padaindustri makanan, Biologi digunakan dalam pemanfaatan bakteri baik untuk menghasilkan makanan fermentasi agar tubuh lebih mudah menyerap nutrisi, seperti roti, yoghurt, nata de coco, dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Sedangkan padaindustri obat, Biologi digunakan dalam pemanfaatan virus yang nantinya akan diolah menjadi vaksin dan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri,” ungkap Astiani.

Mahasiswa UPP itu lebih lanjut memaparkan, bahwa mempelajari ilmu biologi lainnya di bidang kesehatan. Ternyata ilmu Biologi punya banyak sekali manfaat di bidang kesehatan. “Contohnya yaitu ilmu Anatomi yang mempelajari tentang struktur tubuh kita, Fisiologi yang mempelajari tentang bentuk dan fungsi tubuh kita, Histologi yang mempelajari tentang jaringan tubuh kita, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Nah, kata Astiani, untuk bisa mempelajari ilmu Biologi tentu salah satunya kita harus mengikuti pendidikan dengan cara mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu tempat untuk mempelajari ilmu biologi yaitu di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

“Di UPP mahasiswa akan mempelajari ilmu biologi dari dosen yang sudah ahli dibidangnya, baik secara materi maupun dengan melakukan praktikum,” katanya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru