Kamis, 23 Mei 2024

Dr Pipit Rahayu : Ini Keuntungan Kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PASIRPENGARAIAN – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang menyediakan layanan pendidikan bagi mahasiswa. Kuliah di FKIP UPP banyak mendapatkan manfaat dan juga keuntungan bagi mahasiswa.

Dr Pipit Rahayu MPd selaku Dekan FKIP UPP, Senin (24/07/2023) mengatakan, kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPP sebenarnya memiliki keunggulan yang cukup banyak apabila. Salah satu keunggulan kuliah jurusan FKIP adalah nantinya mahasiswa bisa menjadi seorang guru (Tenaga Pendidik).

Lanjutnya, keuntungan kuliah di FKIP yaitu seorang mahasiswa memiliki kemampuan berbicara didepan umum. Sejak awal masuk kuliah, mahasiswa yang kuliah jurusan pendidikan dilatih untuk berbicara didepan umum dengan metode presentasi dan pidato.

“Hal ini sangat relevan dengan tugas seorang pendidik yang akan menghadapi banyak orang untuk mengajar. Oleh karena itu, seorang mahasiswa pendidikan harus memiliki kemampuan berbicara didepan umum yang baik supaya bisa menyampaikan materi dengan baik kepada para anak didiknya,” ungkap Pipit.

Mantan Dara Riau itu menambahkan, keuntungan yang lain kuliah di FKIP UPP yaitu dapat menjadi edupreneurship. Kelebihan kuliah jurusan pendidikan adalah dapat menjadi wirausaha dibidang pendidikan atau edupreneurship.

“Mendirikan lembaga pendidikan non-formal tidak bisa dilakukan sembarang orang, terlebih jika dia tidak memiliki latar belakang dunia pendidikan. Maka untuk menjalankan bisnis akan sangat sulit. Berbeda halnya dengan mahasiswa pendidikan yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tersebut,” ujarnya.

Selain itu, kata Pipit, keuntungan kuliah di FKIP UPP mahasiswa juga mampu menguasai ilmu pedagogi. Ilmu pedagogi adalah sebuah ilmu seni mengajar yang harus dikuasai oleh seorang pendidik.

“Ilmu pedagogi meliputi strategi mengajar, kreativitas mengemas materi pembelajaran, dan juga keahlian memanfaatkan media pembelajaran. Setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan pendidikan pasti akan dilatih ilmu pedagogi-nya secara tidak langsung dan setiap mata kuliah yang diikuti,” urai Dr Pipit.

Dr Pipit Rahayu memaparkan, di bawah naungan FKIP UPP memiliki enam jurusan atau enam Program Studi (Prodi) yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Diantaranya, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan IPS, serta Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

“Jadi, bagi adek-adek kami yang belum memilih kuliah dijurusan mana, tentunya kami mengajak adek-adek semua untuk kuliah di FKIP UPP dan silahkan pilih jurusan atau Prodi yang diminati,” ajak Dr Pipit Rahayu.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru