Minggu, 19 Mei 2024

Ternyata Kuliah Jurusan Pendidikan Fisika Tidak Serumit yang Dibayangkan

PASIRPENGARAIAN – Memilih kuliah jurusan Pendidikan Fisika tidak serumit yang kita bayangkan sewaktu kita duduk di bangku sekolah. Dimana jurusan Pendidikan Fisika adalah jalur gelar sains yang mengajarkan mahasiswanya agar dapat menjelaskan bagaimana dunia bekerja dan bagaimana alam semesta disusun. Jurusan ini juga mempelajari materi dan energi serta mendapatkan paparan teori klasik maupun modern di lapangan.

Zulfikri seorang mahasiswa asal Kepenuhan yang tengah melanjutkan pendidikannya di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengatakan, ilmu Fisika sangat penting untuk dipelajari, karena didalamnya kita mampu memahami dan mengetahui dunia sekitar, dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita.

Zulfikri, seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Pasir Pengaraian (UPP) asal Kecamatan Kepenuhan
Zulfikri, seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Pasir Pengaraian (UPP) asal Kecamatan Kepenuhan

“Jurusan Pendidikan Fisika sangat menantang imajinasi kita dengan konsep-konsepnya, seperti relativitas serta teori string, dan ini mengarah pada penemuan-penemuan hebat, seperti komputer dan laser, yang mengarah pada teknologi yang mengubah hidup kita,” tutur, Zulfikri, Jumat (21/07/2023).

Dijelaskannya, Jurusan Pendidikan Fisika di UPP juga memainkan peran utama dalam pengembangan kebutuhan masa depan industri. Fisika dan teknik sangat penting di pabrik, bahkan di bidang pertambangan, pembuatan kapal, pertanian, pariwisata, perjalanan.

“Misalnya, pengetahuan tentang fisika cuaca, fisika mesin, fisika siklus air, kekekalan, dan lainnya. Selain itu, mahasiswa juga dapat menghabiskan waktu menyelesaikan eksperimen di laboratorium. Dengan skala topik yang relevan dengan pendidikan fisika mulai dari partikel subatom hingga semua alam semesta yang terlihat, jurusan ini memiliki banyak hal untuk dijelajahi dan dipelajari,” ungkapnya.

Diakuinya, kuliah jurusan Pendidikan Fisika di UPP juga melatih mahasiswa untuk menjadi ahli dalam memecah masalah. Mahasiswa akan belajar untuk memecah masalah menjadi bagian-bagian komponennya dan menerapkan matematika tingkat lanjut, komputasi, analisis data, dan teknik eksperimental untuk sampai pada solusi.

“Jurusan Pendidikan Fisika UPP tidak hanya belajar secara teori. Tetapi mahasiswa juga diajak untuk melakukan banyak eksperimen atau praktikum di ruang laboratorium. Laboratorium adalah kelas kedua bagi mahasiswa Pendidikan Fisika UPP,” terangnya.

Nah, bagi adek-adek yang telah menyelesaikan pendidikannya di bangku sekolah tingkat SLTA sederajat jangan bingung dan ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ayo segera daftar dan bergabung bersama kami di jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pasir Pengaraian. Di UPP, sarana dan prasarana jurusan Pendidikan Fisika sangat lengkap untuk kita dalam menuntut ilmu agar kedepannya kita kelak bisa menjadi seorang ilmuwan fisika,” ajak Zulfikri.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru