Sabtu, 25 Mei 2024

Pengabdian Masyarakat, Dosen FTK UIN Suska Riau Implementasikan Parenting Era Digital

PEKANBARU-Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan Pegabdian Masyarakat guna memenuhi tanggung jawab menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat.

Hj Nurzena MAg, salah seorang dosen yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini kepada Riauposting.net mengatakan, pengabdian yang dilakukan dua hari, Kamis-Jumat (13-14/7) ini terkait implementasi parenting di era digital. Kegiatan parenting adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pola asuh orangtua guna membangun karakter positif pada anak.

“Parenting adalah bagaimana cara mendidik orangtua terhadap anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengabdian Masyarakat yang merupakan salah satu bentuk Tri Dharma perguruan tinggi ini dihadiri oleh tim Pegabdian Masyarakat, dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang berjumlah 11 orang,” ungkap Nurzena.

11 dosen yang melaksanakan kegiatan bersama ibu-ibu di Perumahan Arengla Lestari Blok B II Pekanbaru dengan  “Mendidik Anak di Era Digital” ini masing-masing Dr Eva Dewi M Ag, Dr Fitra Herlinda M Ag, Dr Zulhidah Abdullah M Pd, Dr Nelvawita MAg, Emilia Susanti MPd, Dra Suhertina M Pd, Dr Yasnel M Ag, Dr Herlina MAg, Dr Syarifuddin MA, Rizki Amelia M Pd, Nurzena MAg, Mainar Fitri M Pd, dan Dra Murny M Pd.

Kegiatan Pegabdian Masyarakat diawali dengan sambutan dari Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dr Fitra Herlinda M Ag yang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menambah pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak. Melalui kegiatan ini juga, diharapkan tidak hanya menambah pengetahuan orangtua tetapi juga dapat mempertemukan kepentingan dan keinginan  antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensinkronkan keduanya. Sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindaklanjuti di lingkungan keluarga.

Kegiatan pengabdian para dosen FTK UIN Suska Riau ini kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh narasumber Dr Eva Dewi MAg, Dr Fitra Herlinda M Ag, Dr Zuhidah Abdullah M Pd, Dr Nelvawita M Ag, Emilia Susanti MPd,  Dra Suhertina M.Pd

Narasumber menjelaskan bahwa orangtua harus memiliki bekal mengenai berbagai macam informasi tentang anak. Orangtua harus memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya, karena anak usia dini adalah peniru yang ulung. Anak akan belajar melalui tahapan imitasi yaitu meniru. Apa yang diliat dan didengar anak akan ditiru oleh anak. Jadi, orangtua harus lebih berhati-hati dalam perilaku maupun perkataan.

Selama pelaksanaan Pengabdian Masyarakat, ibu-ibu di perumahan Arengka Lestari Blok B II Pekanbaru terlihat sangat antusias termasuk pada sesi tanya jawab. Pada kegiatan yang dilakukan secara tatap muka ini. peserta berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berlangsung lagi dengan penambahan ilmu pengetahuan yang dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari.***

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru