Kamis, 23 Mei 2024

Mahasiswa Faperta UPP Laksanakan Magang di 14 Lokasi Selama 3 Bulan

PASIRPENGARAIAN – Kuliah magang termasuk mata kuliah teknopreneur 4 berbobot 4 SKS yang wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Pertanian (Feperta) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) pada semester VII (Semester Ganjil). Magang merupakan substansi kegiatan yang sifatnya praktek kerja di instansi/lembaga pemerintahan maupun swasta.

Eksistensi magang diharapkan dapat melengkapi pengetahuan teoritis yang telah diperoleh mahasiswa saat perkuliahan sehingga mahasiswa tidak hanya memahami bidang pertanian dari tataran teori saja, namun juga memahami bidang pertanian dari tataran praktek dari sudut pandang yang lebih luas.

Dekan Faperta UPP, Lufita Nut Alfiah menjelaskan, tujuan kuliah magang untuk menghasilkan lulusan Fakultas Pertanian UPP yang berkualitas, beriman, bertaqwa, berjiwa teknopreneur serta memiliki soft skill dan hard skill.

“Selain itu, untuk menciptakan pemikiran yang inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian dan mewujudkan peran mahasiswa pada pengembangan seputaran pertanian berkelanjutan,” tutur Lufita, Senin (10/07/2023).

Dia lebih lanjut menjekaskan, bahwa rangkaian kegiatan magang telah dilaksanakan tahapan demi tahapan mulai dari pendaftaran magang mahasiswa hingga pengantaran magang mahasiswa ke lokasi magang. Pada 3 Juli 2023 yang lalu mahasiwa fakultas pertanian telah diantarkan ke lokasi magang.

“Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti magang di lokasi mitra. Beberapa mitra merupakan perusahan/ intansi ternama di Indonesia. Saat pengantaran mahasiswa ke lokasi magang oleh dosen pembimbing dari fakultas pertanian disambut hangat oleh mitra. Hal ini menjadi semangat dan motivasi bagi mahasiswa faperta mengikuti kuliah magang. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di perusaahan/intansi dan wawasan dalam bidang pertanian,” ungkapnya.

Dekan Faperta UPP juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengelola Magang (TPM) yang telah melaksanakan proses penyelenggaraan kuliah magang mahasiswa mulai dari pembekalan sampai proses selanjutnya selama 3 bulan.

“Selamat magang bagi mahasiswa Faperta UPP, semoga kuliah magang dapat berjalan dengan lancar dan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam praktek kerja di bidang ilmu pertanian. Dekan Faperta berharap kedepannya pelaksaan magang semakin lebih baik dan dapat melakukan kerja sama lagi dengan perusahaan/ instansi lainnya,” ucap Lufita.

Sementara itu Ketua Tim Magang, Dr Yuliana Susanti memaparkan, pengantaran mahasiswa magang dilakukan pada 14 lokasi mitra. Adapun lokasi magang mahasiswa faperta UPP adalah PT Arara Abadi Perawang, Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan (DKPP) Rokan Hulu, PT Sawit Asahan Indah (SAI) Rokan Hulu, PT Sei Deras Agrofarm Rokan Hulu.

CV Graha Fish Kampar, PT Tom Burger Payah Kumbuh Sumatera Barat, CV Faruq Farm Payah Kumbuh Sumatera Barat, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Solok, Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perternakan Rokan Hulu, Kelompok Tani Karya Mulia Rambah Samo Rokan Hulu, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tambusai Rokan Hulu, Badan Penerapan Standarisasi instrumen Pertanian (BPSIP) Riau, PT Keroncong Antar Pekanbaru dan PT Riau Jaya Pedana Rokan Hulu.

“Mahasiswa melaksanakan magang selama tiga bulan dimulai 1 Juli 2023 sampai dengan 30 September 2023. Mahasiswa fakultas pertanian yang mengikuti kuliah magang berjumlah 79 orang.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru