Minggu, 19 Mei 2024

Disnakbun Rohul Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa UPP Tentang Pembibitan dan Keswan

PASIRPENGARAIAN – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, melalui UPTD Pembibitan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Kecamatan Rambah Samo dan UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Rambah melakukan pembinaan dan bimbingan kepada mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP).

Dimana pembinaan dan bimbingan yang dilakukan UPTD Pembibitan dan Keswan Rambah Samo kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian (Faperta) UPP itu untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pembibitan dan keswan selama melaksanakan program magangnya.

Kepala Disnakbun Rohul, CH Agung Nugroho melalui Kabid Peternakan dan Keswan, Ir Doni SPt MPt didampingi Kepala UPTD, H Jonnafri Chaniago, Ahad (08/07/2023) petang mengatakan, bahwa pada saat ini ada beberapa mahasiswa dari Universitas Pasir Pengaraian (UPP) sedang melaksanakan magang di UPTD Pembibitan dan Keswan Rambah Samo serta di RPH Rambah.

“Tetunya selama rekan-rekan mahasiswa ini melaksanakan magang di UPTD Pembibitan dan Keswan serta RPH Rambah, kami dari pemerintah akan terus membimbing dan membina mahasiswa yang berkaitan dengan Pembibitan, Keswan dan Rumah Potong Hewan,” paparnya.

Diakuinya, sejak mahasiswa UPP mulai mengikuti proses magang di UPTD Pembibitan dan Keswan serta RPH Rambah ini, pemerintah tentunya selalu mengikutsertakan bagaimana melakukan pengolahan pupuk, pakan, penanaman, pemeliharaan dan budidaya serta hal lainnya yang berkaitan dengan UPTD Pembibitan dan Keswan serta RPH.

“Semenjak rekan mahasiswa mulai magang di tempat kita ini hingga sekarang, kita bimbing mereka berbagai kegiatan tentang bagaimana cara pengolahan pupuk kompos, Pengolahan pakan berbasis sumber daya lokal, Penanaman dan Pemeliharaan hijauan pakan ternak serta Budidaya peternakan sapi,” ungkap Doni.

Kabid Peternakan dan Keswan Disnakbun Rohul itu lebih lanjut menerangkan, bimbingan yang dilakukan UPTD Pembibitan dan Keswan Rambah Samo serta RPH Rambah itu kepada mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dibidang peternakan dan Keswan, sekaligus menyiapkan sumber daya manusia untuk generasi penerus kedepannya.

“Selain menambah ilmu bagi mahasiswa, bimbingan ini kita lakukan untuk meningkat SDM unggul dan pengetahuan kepada mahasiswa. Mana tau nanti setelah mereka selesai studynya, jika mau berusaha di bidang peternakan tentu mahasiswa sudah memiliki ilmu yang berkaitan dengan Pembibitan dan Keswan,” ujarnya.

Doni juga mengatakan, bahwa mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menjalani program magang di UPTD Pembibitan dan Keswan Rambah Samo serta di RPH Rambah sekitar 3 (Tiga) bulan.

“Jadi kita berharap kepada rekan mahasiswa untuk terus mengikuti seluruh rangkaian dan kegiatan selama magang disini, agar ilmunya semakin bertambah dan terkhusus ilmu tentang pembibitan dan Keswan,” harapnya.

Adapun mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UPP yang menjalani program magang di UPTD Pembibitan dan Keswan Rambah Samo serta di RPH Rambah yaitu, Mario Maratama, Ahmad Arifin, Rizki Maulana Edwar, Yusril Ihza Mahendra, Agus Munthe, dan Suharmedi Lubis.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru