Sabtu, 25 Mei 2024

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Media Sosial

PEKANBARU – Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia sekarang ini. Namun, penggunaan media sosial juga memerlukan etika komunikasi yang baik agar tidak menimbulkan dampak negatif pada pengguna dan lingkungan sekitar.

Rizki Kurnia Ilahi SIKom mengatakan, ketika kita dalam menggunakan media sosial sangat perlu diperhatikan etika dalam berkomunikasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam etika komunikasi media sosial.

“Diantara etika yang perluka kita perhatikan ketika melakukan komunikasi di Media Sosial yaitu, menjaga bahasa yang baik dan sopan. Pengguna media sosial harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomunikasi. Hindari penggunaan kata-kata kasar, provokatif, cabul, atau rasis,” tutur Rizki Jumat (30/06/2023).

Dia menambahkan, etika berikutnya yaitu memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya. “Sebelum membagikan informasi, pastikan bahwa informasi tersebut benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan menyebarkan informasi yang belum diverifikasi kebenarannya,” ungkap Rizki.

Kemudian, ketika menggunakan media sosial tidak menyebarluaskan konten yang tidak pantas.
Pengguna media sosial harus menghindari menyebarkan konten yang tidak pantas, seperti konten yang mengandung kekerasan, pornografi, atau SARA.

“Menghargai privasi dan hak cipta. Pengguna media sosial harus menghargai privasi orang lain dan tidak mengambil atau menggunakan konten orang lain tanpa izin,” papar mahasiswa UNRI itu.

Selanjutnya, Berinteraksi dengan sopan dan menghargai perbedaan pendapat. Pengguna media sosial harus berinteraksi dengan sopan dan menghargai perbedaan pendapat. Hindari melakukan bullying atau menghina orang lain.

“Tidak menggunakan media sosial untuk tujuan yang tidak baik. Pengguna media sosial harus menghindari menggunakan media sosial untuk tujuan yang tidak baik, seperti melakukan penipuan atau mengancam orang lain,” ujarnya.

Rizki lebih lanjut menerangkan, dalam era digital, etika komunikasi di media sosial sangat penting untuk dijaga. Etika komunikasi yang baik akan membantu menciptakan lingkungan media sosial yang sehat dan positif bagi pengguna.

“Oleh karena itu, pengguna media sosial harus memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas agar dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan di media sosial,” jelasnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru