Kamis, 23 Mei 2024

Tingkatkan Budaya Baca, Dispussip Rohul Lakukan MoU Bersama Pihak Sekolah

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka untuk meningkatkan Budaya Baca dan peningkatan kebudayaan gemar membaca, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan pendatanganan kerjasama (MoU) bersama beberapa sekolah.

Dimana kerjasama itu dilaksanakan pada Jumat 16 Juni 2023 di Aula ruang tugas Kepala Dispussip Rohul dengan SMPN Tahfiz Madani Pasir Pengaraian dan juga dengan SDN 001 Kepenuhan.

Dalam kerjasama itu hadir Kepala Dispussip Rohul, Ir H M Ruslan MSi, sekretaris Dispussip Rohul, Nelly SS, Kabid layanan pustakaan, M Rinal SE, Kabid Pengembangan dan Pembinaan perpustakaan, Sumardi SS MSi, Wakil Kepala SMPN Tahfiz Madani Pasir Pengaraian, Rahmi Juwita SPdI didampingi Kepala Perpustakaan SMPN Tahfiz Madani Pasir Pengaraian, Rahmawati SPd, dan Kepala SDN 001 Kepenuhan Hendra SPd.

Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi menjelaskan, kerjama itu dilaksanakan selama 3 tahun yang didasari undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan juga Perda nomor 5 tahun 2016 tentang kedudukan dan pembentukan dinas perpustakaan dan arsip Rokan Hulu dan juga Perbup nomor 73 tahun 2021 tentang tugas pokok dan fungsi dinas perpustakaan dan arsip Rokan Hulu.

“Kerjasama ini diantaranya berupa pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan perpustakaan dalam hal peningkatan layanan perpustakaan berupa perpustakaan keliling dan juga kerjasama tentang shering informasi terhadap akses informasi antara kedua perpustakaan dan juga item terakhir yaitu berupa peminjaman secara bergulir terhadap koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah. Dimana pinjamannya selama enam bulan dan hal-hal lain yang dituangkan dalam MoU tersebut,” ungkap Sumardi.

Ditempat yang sama, Kepala Dispussip Rohul, Ir H M Ruslan MSi sangat menyambut baik atas MoU atau nota kesepakatan itu yang telah dilaksanakan akan menguatkan kepada kita terhadap kerjasama dalam hal peningkatan kebudayaan gemar membaca dan budaya baca di Kabupaten Rokan Hulu.

Ruslan juga berharap, setelah dilakukan kerjasama yang baik ini jangan hanya tinggal di MoU saja yang diharapkan implentasi atau pelaksanaan kedepannya, guna meningkatkan indek literasi di Rokan Hulu.

“Selain itu, kami juga berharap kunjungan dari perpustakaan atau siswa-siswi pihak sekolah bisa menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan daerah untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan bisa mengatahui bahwa Rokan Hulu memiliki perpustakaan dengan nama perpustakaan H Mahidin Said,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN Tahfiz Madani Pasir Pengaraian, Rahmi Juwita S.Pd.I didampingi Kepala SDN 001 Kepenuhan Hendra SPd mengatakan, bahwa pihak sekolah sangat bangga atas dilakukannya pendatanganan MoU tersebut.

“Semoga kerjasama yang baik ini dapat mengakrabkan antara pihak sekolah dengan Perpustakaan Daerah Rokan Hulu agar perpustakaan daerah dan sekolah semakin berkembang kedepannya,” ujarnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru