Sabtu, 25 Mei 2024

Dispussip Rokan Hulu Taja TPBIS Pembuatan Pizza Bagi Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Tahun 2023 Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan pelatihan pembuatan kue pizza di Gedung Bidang Layanan Lantai II Dispussip Rohul, Jumat (23/06/2023) pagi.

Pelatihan pembuatan kue pizza melalui program TPBIS itu Dispussip Rohul mengusung tema “Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Kesejahteraan, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat”.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan, Sumardi SS MSi mewakili Kabid Layanan dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut berdasar undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, Perda Kabupaten Rokan Hulu nomor 5 tahun 2016 tentang organisasi lembaga teknis Daerah, Perbup Rokan Hulu nomor 73 tahun 2021 tentang kedudukan susunan organisasi tugas pokok, dan fungsi serta tata kerja Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, serta DPA kegiatan Dinas Perpustakaan dan Arsip.

“Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan itu dilaksanakan adalah untuk meningkatkan keterampilan bagi peserta agar peserta bisa dengan membaca buku tentang keterampilan membuat kue pizza dan peserta praktekkan. Selanjutnya peserta dapat memanfaatkan untuk dijual, sehingga menghasilkan uang untuk kesejahteraan peserta dan menambah wawasan ilmu keterampilan bagi peserta,” paparnya.

 

Sumardi menambahkan, adapun peserta yang mengikuti Program TPBIS ini berasal dari Desa Rambah Muda, Rambah Tengah Utara, Babussalam, Pematang Berangan, Rambah Tengah Hulu, Rambah Tengah Barat, dan Kelurahan Pasir Pengaraian.

“Adapun narasumber pada Program TPBIS ini panitia pelaksana sengaja menghadirkan Debby Sari Dewi SPsi sebagai narasumber yang kreatif dan inovatif didampingi Maula yang juga merupakan Asesor Provinsi Riau di bidang TPBIS yang juga juara terbaik satu tingkat nasional pada kegiatan TPBIS di Surabaya tahun 2022 yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispussip Rohul, Ir H Ruslan Msi melalui Sekeretaris, Nelli SS ketika membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa perpustakaan sekarang bukan hanya sekedar sebagai pusat informasi, namun sudah bertransformasi menjadi tempat atau wadah untuk memberdayakan dan mengembangkan masyarakat.

“Jadi melalui Program TPBIS pembuatan kue pizza ini kita berharap melalui kegiatan ini, ada masyarakat yang dapat mengembangkan diri dan melaksanakan kegiatan ini di rumah. Berharap bisa menjadi mata pencarian yang baru, agar dapat meningkatkan taraf hidup bagi peserta dan masyarakat nantinya,” ujarnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru