Rabu, 24 Juli 2024

Dihadiri Ombudsman RI, MD KAHMI Rohul Bersama PLN Riau Sukses Gelar Seminar Pengembangan Kelistrikan

PASIRPENGARAIAN – Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Rokan Hulu (MD KAHMI Rohul) bekerjasama dengan PT PLN Wilayah Riau Kepri menggelar Seminar Daerah pada Sabtu (17/06/2023) pukul 09.00 WIB di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian.

Seminar daerah itu mengusung tema “Pengembangan Sektor Kelistrikan di Daerah Dalam Perspektif Pelayanan Publik” dengan menghadirkan Keynote Speaker, Hery Susanto selaku Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, dengan narasumber dari PT PLN Riau Kepri, Pemda Rohul dan Ombudsman Perwakilan Riau.

Ketua Umum MD KAHMI Rohul, Lufita Nur Alfiah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ruang edukasi bagi masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tentang pentingnya sektor kelistrikan.

“Masyarakat Rohul perlu mengetahui sudah sejauh mana pengembangan kelistrikan di Rohul ini. Jika tahun 2019 tingkat electrifity Rohul baru 60% dan tahun ini sudah mencapai 92,8% per Mei 2023 ini, itu tentu perlu kita apresiasi,” kata Lufita.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu yang diwakili Asisten I Fathanalia Putra ketika membuka seminar tersebut Pemkab Rohul berharap kehadiran Ombudsman RI di kegiatan ini dapat memberikan perspektif baru bagi Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor listrik.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada KAHMI Rohul yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan penuh maksimal sehingga tampak jumlah peserta begitu banyak untuk ikut kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” papar Fatha.

Ditambahkannya, listrik saat ini sudah menjadi hal sangat penting dalam kehidupan masyakarakat, betapa banyak pelayanan publik yang harus dikerjakan Pemerintah tergantung energi listrik. Sehingga Pemda Rohul memandang perlu kerjasama semua pihak dalam mengelola dan mengembangkan sektor listrik salah satunya masyarakat dan Pemda dewasa serta bijak dalam menggunakan energi listrik.

Ditempat yang sama, Hery Susanto, Anggota Ombudsman RI yang hadir sebagai keynote speaker sangat menyambut baik diadakannya kegiatan ini. Jumlah laporan kerusakan instalasi pelanggan PLN di wilayah Riau dan Kepulauan Riau sepanjang tahun 2020 mencapai 19 ribu (18 persen dari total keluhan yang masuk ke Call Center 123) perlu menjadi perhatian banyak pihak agar pengembangan sektor kelistrikan di Riau khususnya Kabupaten Rokan Hulu semakin baik.

“Paling tidak ada beberapa perbaikan pelayanan publik di PLN Riau yang perlu dilakukan yakni Manajemen pengaduan masyarakat, Monitoring percepatan respon pelayanan, Transparansi biaya misalnya dalam pembuatan instalansi dan terakhir Inovasi layanan seperti whatsApp, aplikasi PLN mobile,” ucap Hery.

“Mendapatkan pelayanan yang baik dalam sektor listrik sudah menjadi hak pelanggan sebagaimana diatur Pasal 29 ayat (1) UU Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Termasuk juga mendapat tenaga listrik secara terus-menerus dengan mutu dan keandalan yang baik. Sehingga peran PT PLN sebagai BUMN kebanggaan bangsa dapat dirasakan masyarakat Rokan Hulu.  Intinya sektor kelistrikan sangat  berperan penting dalam memajukan pelayanan publik, sebab semua kantor, perumahan termasuk sektor usaha masyarakat sangat bergantung dari sektor kelistrikan,” tambahnya.

Diketahui, hadir pada Seminar Daerah yang ditaja MD KAHMI Rohul itu, Asisten I Fathanalia Putra yang mewakili Bupati Rohul H Sukiman, Keynote Speaker Hery Susanto Komisioner Ombudsman RI, PLN Wilayah Riau Kepri Agung Murdifi, Kaper Ombudsman Riau Bambang Pratama, Kepala Desa, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Organisasi Pemuda, dan Mahasiswa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru