Senin, 20 Mei 2024

Buka DJKI Mendengar, Wabup Rohul Harap Penguatan HKI Bagi Pelaku UMKM di Rohul

PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan secara resmi buka Kegiatan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan menggelar Pelatihan dan Sosialisasi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Rokan Hulu, dengan harapan untuk peningkatan dan penguatan layanan publik kekayaan intelektual.

Kegiatan yang dipusatkan di Convention Hall Islamic Center Rohul, Kamis (8/6/2023) turut juga dihadiri Kepala DiskopUKMTransnaker Rohul Zulhendri, S.Sos, Kepala Lapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu dan Sekretaris Direktorat DJKI, Dr. Sucipto SH MH M.Kn dan ratusan peserta.

Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengatakan Pemkab Rohul menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan DJKI mendengar dalam rangka peningkatan dan penguatan layanan publik kekayaan intelektual di Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat menyamakan persepsi kita dalam melaksanakan pelayanan publik terkait hak kekayaan intelektual, khususnya bagi masyarakat pelaku UMKM dan penggiat kekayaan intelektual dalam mendapatkan pengakuan hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki,” harap Wabup.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, Jelas Wabup, telah membawa perubahan yang besar terhadap semua aspek kehidupan ditengah masyarakat, termasuk perubahan yang terjadi di bidang hak cipta.

“Kemajuan digital ini seharusnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk penciptaan suatu karya yang menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi penciptanya, sehingga karya baru hasil kreativitas seseorang tersebut harus mendapatkan perlindungan secara hukum melalui perlindungan hak cipta,” tambah Wabup.

Terkait sosialisasi ini, Wabup menghimbau kepada OPD terkait agar terus membantu masyarakat dan melakukan koordinasi dengan kanwil kemenkumham terkait hak kekayaan intelektual yang meliputi brand, logo, merek, desain industri, hak paten dan lain sebagainya untuk mendaftarkan merek, paten, dan desain industri yang dimiliki agar bisa mendapat perlindungan dari negara.

“Tujuannya, usaha milik masyarakat terlindungi dari hukum dan agar tidak bisa ditiru oleh orang lain,” harap Wabup.

Melalui kegiatan ini juga, Wabup berharap akan ada tindak lanjut dengan pendataan HKI dan sosialisasi kepada para peserta kegiatan terkait hak kekayaan intelektual, sehingga pelaku UMKM segera mendaftarkan produknya.

“Sehingga ke depan mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu yang sama-sama kita cintai ini,” tutup Wabup. (AdvDiskominfoRohul)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru